Daya Pungut Pajak Tak Beranjak

Pemegang kebijakan fiskal mesti memutar otak terkait stagnansi pemungutan pajak pertambahan nilai (PPN) pada 2023. Pekerjaan besar menaikkan kinerja pajak nilai tambah ini pada tahun politik dan transisi pemerintah 2024.

Tegar Arief Fadly

19 Feb 2024 - 10.39
A-
A+
Daya Pungut Pajak Tak Beranjak

Ilustrasi pengenaan pajak pertambahan nilai terhadap produk digital./Antara

Bisnis, JAKARTA — Di tengah kinerja pajak yang ciamik sepanjang tahun lalu, ada sedikit noda yang patut segera dibersihkan oleh pemangku kebijakan, yakni terjadinya stagnasi daya pungut fiskus atas aktivitas konsumsi masyarakat.

Berdasarkan penghitungan yang dilakukan Bisnis, realisasi daya pungut terhadap Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang tecermin dalam value added tax (VAT) gross collection ratio pada tahun lalu hanya 62,54%.

Angka tersebut diperoleh dengan realisasi konsumsi rumah tangga yang mencapai Rp11.109,6 triliun dan realisasi penerimaan PPN senilai Rp764,34 triliun, serta tarif yang berlaku sebesar 11%.

Dengan kata lain, pemerintah sepanjang tahun lalu hanya berhasil memungut sebesar 62,54% dari total potensi penerimaan PPN dari konsumsi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.