Daya Saing Baru Kalimantan di Terminal Kijing

Kijing menjadi terminal terbesar di Pulau Kalimantan dengan kapasitas hingga 1,95 juta TEUs container dan 28 juta ton barang. Proyek Strategis Nasional ini memakan investasi jumbo senilai Rp2,9 triliun.

Rayful Mudassir

9 Agt 2022 - 19.00
A-
A+
Daya Saing Baru Kalimantan di Terminal Kijing

Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung memberikan keterangan pers usai meresmikan Terminal Kijing, Mempawah, Kalbar, Selasa (09/08/2022). (Foto: Humas Setkab/Fitri)

Bisnis, JAKARTA - Upaya peningkatan daya saing pelabuhan di Kalimantan Barat mulai terlihat, ditandai dengan diresmikannya Pelabuhan Terminal Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. 

Kijing menjadi terminal terbesar di Pulau Kalimantan dengan kapasitas hingga 1,95 juta TEUs container dan 28 juta ton barang. Meski begitu, saat ini baru digunakan untuk 500.000 TEUs kontainer dan 8 juta ton muatan. 

Keberadaan terminal baru ini memiliki nilai strategis bagi pemerataan dan akselerasi pertumbuhan ekonomi di daerah dan nasional. Sebab, kapasitas bongkar muat barang dari dan ke Kalimantan khusus Kalimantan Barat bakal berlangsung lebih optimal. 

Proyek Strategis Nasional bernilai investasi Rp2,9 triliun ini mulai dikerjakan pada 2015 dan selesai pada Mei 2022. Presiden Joko Widodo bahkan mengaku kaget saat melihat wajah Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang banyak mengalami perubahan dibandingkan dengan pada saat ground breaking beberapa tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.