Daya Saing UMKM Jadi Sorotan

Peran UMKM makin vital sehingga pemangku kepentingan di Tanah Air memberikan perhatian lebih kepada segmen tersebut. Simak penjelasannya.

Dionisio Damara & Stefanus Arief Setiaji

14 Des 2021 - 11.34
A-
A+
Daya Saing UMKM Jadi Sorotan

Peran UMKM makin vital sehingga pemangku kepentingan di Tanah Air memberikan perhatian lebih kepada segmen tersebut. (Bisnis/Ira)

Bisnis, JAKARTA — Pemangku kepentingan di Tanah Air terus berupaya meningkatkan daya saing pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Pemanfaatan layanan keuangan dan teknologi digital diharapkan mampu mendorong pelaku bisnis naik kelas.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengatakan bahwa bank sentral bersama dengan pemerintah dan para pelaku usaha terus mendorong upaya digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM, secara end-to-end di berbagai aspek.

Upaya tersebut antara lain meningkatkan produktivitas, memperluas akses pemasaran melalui onboarding, dan memanfaatkan transaksi pembayaran digital. Hal itu dilakukan agar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki daya saing dan lebih berkelas.

Menurutnya, langkah itu perlahan terwujud melalui standar kode respons cepat (Quick Response Code Indonesian Standard/QRIS) yang saat ini telah mencapai 13,4 juta mitra pedagang di seluruh Indonesia dan 95 persen merupakan UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyant*
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.