Daya Tahan Pasar Surat Utang Korporasi Indonesia Bakal Diuji

Ada dua sentimen eksternal yang dinilai akan mempengaruhi pasar surat utang korporasi di Tanah Air, yakni kenaikan suku bunga the Fed dan konflik Rusia-Ukraina. Namun, mengingat likuiditas masih tinggi analis menilai potensi dari surat korporasi masih bagus.

Emanuel Berkah Caesario

1 Mar 2022 - 14.27
A-
A+
Daya Tahan Pasar Surat Utang Korporasi Indonesia Bakal Diuji

ilustrasi obligasi

Bisnis, JAKARTA — Pasar surat utang korporasi domestik Indonesia diperkirakan masih akan relatif stabil tahun ini, baik dari sisi penyerapan di pasar primer maupun dari sisi kinerja di pasar sekunder, kendati di tengah bayang-bayang sentimen negatif eksternal.

Namun, untuk surat utang korporasi Indonesia berdenominasi asing kemungkinan akan menghadapi tantangan yang lebih berat, sebab faktor sentimen eksternal akan lebih kental pengaruhnya.

Setidaknya terdapat dua sentimen eksternal yang dinilai akan mempengaruhi pasar surat utang di Tanah Air, yakni potensi kenaikan suku bunga oleh the Fed dan konflik Rusia-Ukraina.

Sinyal kenaikan suku bunga the Fed telah terlihat dari pernyataan lembaga terkait maupun pergerakan dari yield US Treasury. Sementara itu, konflik Rusia dan Ukraina yang sudah berlangsung setidaknya dalam dua pekan terakhir turut menambah ketidakpastian pasar termasuk pada surat utang korporasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.