Daya Tahan Perbankan Hadapi Turbulensi 2023

Tantangan yang bakal dihadapi industri perbankan tahun depan akan cukup kompleks. Meski begitu, industri perbankan Tanah Air sudah terbukti tangguh dalam menghadapi aneka krisis sebelumnya, sehingga tantangan ekonomi tahun depan pun diyakini dapat dilalui dengan baik.

Emanuel Berkah Caesario

31 Okt 2022 - 14.59
A-
A+
Daya Tahan Perbankan Hadapi Turbulensi 2023

Ilustrasi bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Industri perbankan diperkirakan menghadapi sederet tantangan pada 2023, mulai dari kenaikan tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia hingga bayang-bayang resesi global. Di tengah kondisi ini, sejauh mana bank mampu bertahan menghadapi tekanan?

Tantangan pertama hadir melalui kenaikan suku bunga acuan atau BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR). Sepanjang Agustus – Oktober 2022, Bank Indonesia telah menaikkan suku bunga acuan sebesar 1,25 persen menjadi 4,75 persen.

Menurut Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, kenaikan suku bunga acuan menjadi tekanan bagi perbankan untuk segera menaikkan suku bunga simpanan.

Meski sebagian bank masih memiliki likuiditas yang cukup tebal, ada risiko beberapa deposan kakap bergeser mencari bank lain yang menawarkan bunga di atas inflasi. Oleh karena itu, mereka harus tetap mempertimbangkan opsi menaikkan suku bunga untuk menjaga nasabah penabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Daya Tahan Perbankan Hadapi Turbulensi 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.