Daya Tarik Depok Pikat Pengembang Jepang-Indonesia Bangun Hunian

Sumitomo Forestry Co. Ltd bersama dengan PT Graha Perdana Indah (GPI) akan mengembangkan kawasan hunian baru berkonsep Jepang Gardens at Candi Sawangan di Depok Jawa Barat.

Yanita Petriella

1 Feb 2023 - 23.11
A-
A+
Daya Tarik Depok Pikat Pengembang Jepang-Indonesia Bangun Hunian

Ilustrasi penjualan hunian rumah. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Sumitomo Forestry Co. Ltd bersama dengan PT Graha Perdana Indah (GPI) akan mengembangkan kawasan hunian baru berkonsep Jepang Gardens at Candi Sawangan di Depok Jawa Barat.

Rencananya, kerjasama tersebut akan membangun rumah tapak sebanyak 305 unit dan ruko sebanyak 41 unit di atas lahan seluas 5,7 hektare. PT Graha Perdana Indah bersama dengan Sumitomo Forestry Co. Ltd membenamkan total nilai investasi mencapai 3,9 miliar Yen atau setara Rp449,56 miliar dengan skema kerja sama joint venture.

Executive Officer Sumitomo Forestry Co. Ltd Kenji Inui mengatakan pembangunan konstruksi hunian dan ruko ini akan dilakukan pada Maret 2024 dan ditargetkan dapat serah terima pada Maret 2026. Untuk pasar utama hunian sendiri menyasar kekluar muda yang pergi ke pusat kota Jakarta untuk bekerja. 

“Total luas lantai tiap unit bervariasi sekitar 70 meter persegi – 110 meter persegi,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (1/2/2023). 

Nantinya, Sumitomo Forestry tak hanya menerapkan desain yang memanfaatkan lingkungan alam dan menambahkan unsur Jepang, namun juga akan berkontribusi dalam perencanaan struktur dan proses konstruksi untuk menyediakan hunian yang aman dan nyaman. 

Memanfaatkan keahlian dalam desain dan perencanaan baik di Jepang maupun di luar negeri, Sumitomo Forestry akan menyediakan hunian nyaman dengan mempertimbangkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami.

Untuk itu, perusahaan juga akan menambahkan elemen Jepang dan mencapai desain yang menyeimbangkan fungsi dan desain. Sumitomo Forestry bertujuan untuk meningkatkan aspek keselamatan dengan memberikan panduan untuk perhitungan struktur dan membuat rencana untuk mencegah dinding bata runtuh.

“Kami juga bertujuan untuk memperoleh sertifikasi lingkungan EDGE yang merupakan penilaian kinerja lingkungan bangunan. Kami akan menggunakan bahan yang memiliki dampak rendah terhadap lingkungan. Kami akan berkontribusi dalam menyebarkan konsep perumahan ramah lingkungan. Bersama bekerja sama dengan pengembang lokal, kami bertujuan untuk membantumemperbaiki lingkungan hidup di Indonesia. Kami akan mengumpulkan pengetahuan dan pengalaman melalui proyek prospektif di Indonesia dan memperluas bisnis perumahan dan real estat kami di Asia Tenggara,” tutur Kenji. 

Baca Juga: Harga Rumah di Tangerang dan Depok Diprediksi Naik Pada 2023

Sumitomo Forestry sebelumnya telah melebarkan sayap ke bisnis pembangunan rumah tapak melalui proyek di Kota Bekasi pada tahun 2017 dan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada tahun 2021. Sementara, GPI adalah perusahaan pengembang real estat yang didirikan di Semarang, Jawa Tengah. Selain proyek perumahan, saat ini GPI sedang menangani proyek mixed-use development yang meliputi lapangan golf.

Presiden Direktur PT Graha Perdana Indah Aditya Sutanto berharap kerja sama ini dapat mengulang kesuksesan proyek-proyek kami sebelumnya. “Sumitomo Forestry telah bekerja sama dengan perusahaan induk GPI dalam pembuatan papan partikel selama 32 tahun. Kepercayaan yang telah dibangun dan dipupuk sejak lama juga turut andil dalam mewujudkan kerja sama ini,” ujarnya. 

Gardens at Candi Sawangan akan menyasar target keluarga muda dan milenial yang mendambakan rumah dengan penuh kecanggihan teknologi. “Adapun harga yang ditawarkan mulai dari Rp1,3 miliar hingga Rp1,8 miliar,” katanya. 

Dia meyakini hunian Gardens at Candi Sawangan ini akan diminati terlebih lokasi proyek terletak di kota Depok dimana populasi sekitar 2,1 jiwa. “Lokasi juga dekat dengan akses jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 dan hanya 40 menit berkendara ke Bandara Soekarno-Hatta. Pembangunan perpanjangan Jakarta Outer Ring Road 2 diharapkan selesai dalam tahun ini, dan mudah-mudahan akan membuat lokasi kami semakin nyaman,” tutur Aditya. 

Dihubungi terpisah, Country Manager Rumah.com Marine Novita berpendapat pasar properti Depok sempat mengalami kejenuhan karena fokus pembangunannya yang hanya berkutat di sekitar Margonda. Namun, kehadiran jalur tol Serpong – Cinere – Cimanggis menjadi penyemangat baru. Sejumlah kawasan berkembang tanpa harus bergantung lagi pada Margonda dan sekitarnya. Salah satu yang paling pesat dalam beberapa tahun terakhir ini adalah Bojongsari dan Sawangan.

“Sejumlah pengembang berskala besar kini tak ragu membangun proyek di kedua kecamatan tersebut. Pamor wilayah yang dulunya dipandang sebagai kawasan hunian menengah bawah itu kini makin bersinar. Kehadiran mal bertaraf menengah atas membuat Bojongsari dan Sawangan kini diminati,” ucapnya. 

Menyusul kedua kawasan tersebut, Beji dan Cimanggis diprediksi juga akan bersinar pada tahun mendatang. Kawasan Cimanggis kini menjadi salah satu kawasan kelas menengah atas incaran konsumen yang menginginkan hunian dekat dengan kawasan Margonda. Sementara, Beji memiliki potensi karena kedekatannya dengan kawasan Universitas Indonesia, salah satu penggerak ekonomi Depok.

CEO 99 Group Indonesia Wasudewan menuturkan wilayah Depok dan Bogor diproyeksi menjadi area potensial untuk pengembangan sektor properti di 2023. Hal ini lantaran ketersediaan lahan yang melimpah dan infrastruktur jalan maupun antar moda yang cukup mumpuni. Harga properti di kedua daerah tersebut mengalami pertumbuhan paling signifikan dibandingkan dengan wilayah lainnya. Adapun, Bogor mengalami pertumbuhan harga 6,6 persen year-on-year (yoy) dan Depok 4,7 persen secara yoy. 

Depok dan Bogor mengalami pertumbuhan harga rumah yang cukup dominan sepanjang tahun 2022. CEO 99 Group Indonesia Wasudewan mengatakan hal ini dipengaruhi oleh ketersediaan lahan di dua daerah pinggiran Jakarta tersebut yang masih mencukupi.

“Jadi kalau di Jabodetabek pertumbuhan harga yang cukup dominan ada di Depok dan Bogor, mungkin karena ketersediaan lahan yang masih banyak,” ujar Wasudewan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.