Defisit Anggaran 2024 Melebar, Bantuan Sosial Tersebar

Badan Anggaran DPR menyepakati besaran defisit anggaran yang dilaporkan pemerintah. Defisit APBN 2024 bertambah sekitar Rp200 triliun.

Maria Elena & Stefanus Arief Setiaji

9 Jul 2024 - 22.10
A-
A+
Defisit Anggaran 2024 Melebar, Bantuan Sosial Tersebar

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan dengan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo Gibran di Jakarta, Jumat (31/5/2024). Pertemuan tersebut membahas transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo - Wapres Ma'ruf Amin ke Presiden terpilih Prabowo Subianto-Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Bisnis, JAKARTA — Hanya berjarak sekitar 3 bulan sebelum mengakhiri periode kepemimpinan 2019—2024, pemerintahan Presiden Joko Widodo mengambil langkah agresif terkait dengan kebijakan anggaran 2024.

Dalam Rapat Kerja dengan pemerintah yang berlangsung pada Selasa (9/7/2024), Badan Anggaran DPR menyetujui laporan dan prognosis anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2024 yang disampaikan oleh Kementerian Keuangan.

Dalam laporan tersebut, Banggar DPR sepakat defisit APBN 2024 bertambah sekitar Rp200 triliun dari semula Rp522,8 triliun atau 2,29% dari produk domestik bruto (PDB), menjadi Rp609,7 triliun atau setara dengan 2,7% dari PDB.

"Apakah laporan realisasi dan prognosis APBN 2024 dapat disetujui dan menjadi kesimpulan raker [rapat kerja] Banggar dengan pemerintah dan Bank Indonesia?” kata Wakil Ketua Banggar Cucun Ahmad Syamsurijal dalam rapat kerja, Selasa (9/7/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Stefanus Arief Setiaji
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.