Free

Delapan Cara Mengembangkan Bisnis UMKM

Strategi dan teknik diperlukan agar usaha Anda tidak cepat gulung tikar dan berkelanjutan. Berikut adalah delapan tip untuk membantu mengembangkan UMKM dikutip dari koperasi.kulonprogokab.go.id

Jaffry Prabu Prakoso

26 Sep 2022 - 14.28
A-
A+
Delapan Cara Mengembangkan Bisnis UMKM

Penyaluran dana bergulir untuk koperasi dan UMKM. /Antarafoto

JAKARTA – Mengembangkan UMKM membutuhkan langkah-langkah dan strategi yang tepat. Banyak UMKM yang berdiri namun usahanya tidak berkembang, mengalami kerugian, dan bahkan berakhir dengan ditutupnya usaha tersebut.

Berikut adalah delapan tip untuk membantu mengembangkan UMKM dikutip dari koperasi.kulonprogokab.go.id

 

1. Survei dan Observasi Tempat yang Berpotensi

Salah satu cara untuk mengembangkan usaha Anda adalah dengan membuka cabang usaha di tempat-tempat yang berpotensi terjadi penjualan yang tinggi. Hal itu dimulai dengan meneliti berbagai tempat yang memiliki target pasar.

Lakukanlah survei dan observasi tempat dan lokasi yang ingin Anda buka. Mulailah dengan mencari tahu apakah tempat itu membutuhkan produk yang anda jual.

Buatlah pertanyaan-pertanyaan seperti berapa jumlah orang yang lewat di tempat itu, berapa banyak orang yang kemungkinan akan membeli produk Anda, seberapa mudah akses logistik, dan kebutuhan ketika anda buka cabang di tempat itu.

Data observasi bisa dikumpulkan dan menjadi pertimbangan apakah tempat itu adalah tempat yang tepat untuk membuka bisnis.

 

Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id


2. Mengikuti Beberapa Acara Pameran dan Festival

Demi mendukung eksistensi dari produk Anda, ikutilah acara pameran atau festival. Dengan Ini produk Anda akan dikenalkan kepada masyarakat lebih luas.

Pameran dan festival adalah salah satu tindakan pemasaran yang cukup terjangkau dan bisa mendapatkan lebih banyak manfaat seperti mengenal vendor-vendor baru, mengetahui kompetitor-kompetitor bisnis, dan juga mendapatkan calon-calon pelanggan setia anda.

Pilihlah pameran atau festival yang cocok dengan produk Anda. Jika anda mempunyai bisnis fesyen, tentunya mengikuti pameran yang mempunyai tema tentang produk fesyen. Jika Anda mempunyai produk kuliner/makanan khas, Anda perlu mengikuti pameran tentang makanan tradisional.

 

3. Membangun Relasi Sesama Pengusaha

Menjalankan usaha bukan cuma sekadar berdagang sendirian, tetapi juga menambah relasi yang lebih banyak. Semakin banyak relasi, semakin mudah mencari vendor-vendor yang terpercaya. Hal tersebut juga membuka peluang untuk memperluas wilayah bisnis.


Baca juga: Tip UMKM Go Digital Menuju Industri 4.0


Cobalah untuk bergabung di beberapa komunitas yang memiliki jenis usaha yang sama dengan Anda. Dengan begitu Anda akan dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar usaha yang anda jalani.

 

4. Meningkatkan Mutu Pelayanan

Ini adalah bagian yang tidak kalah penting. Ketika anda menerima kritik dan saran dari pelanggan, Anda bisa memperbaiki hal-hal yang pengalaman yang kurang menyenangkan dari pelanggan. Hal ini dapat membuat mutu pelayanan anda semakin baik.

Meski begitu, tidak semua permintaan Anda dapat penuhi. Anda harus jeli melihat mana kritik dan saran yang membangun bisnis anda dan mana yang tidak.

Dahulukan kritik yang sering muncul pada pelanggan Anda karena itulah yang membuat sebagian besar pelanggan anda merasa kurang nyaman.

Setelah itu, pilihlah saran yang Anda terima dari sekian banyak pelanggan yang ada karena bisa jadi itulah yang mungkin akan membedakan anda dari kompetitor.

 

5. Mengikuti Perkembangan Teknologi dalam Bisnis

Di era digital ini, sangat disayangkan jika anda termasuk orang yang sedikit ketinggalan dalam hal teknologi. Karena itu dapat membantu anda untuk mengembangkan bisnis anda baik dalam hal administrasi, transaksi keuangan, komunikasi, dan penjualan. Sering-seringlah anda membuka artikel tentang teknologi yang berkaitan dengan bisnis agar anda tidak ketinggalan.


Baca juga: Lampaui Target, Jumlah Nasabah Baru Holding UMi Capai 6,85 Juta


Memanfaatkan teknologi dalam bisnis seperti ketika berkomunikasi kepada pelanggan dengan memanfaatkan aplikasi messenger, mengirimkan video dan foto produk anda, video call dan lain-lain.

Semua ini dapat mempengaruhi perjalanan bisnis anda, karena sekarang pasar juga menuntut untuk cepat, tepat dan terpercaya. Kecepatan informasi, cepat tanggap, manajemen yang terstruktur, SOP (Standard Operation Procedure) adalah aspek yang dapat melengkapi dan sangat mendukung usaha anda. Jika anda punya sedikit pengetahuan tentang penggunaan teknologi dalam bisnis ini akan menjadi nilai plus bagi anda dibandingkan dengan kompetitor.

 

6. Gunakan Media Sosial untuk Memasarkan Produk Anda

Setiap pengusaha tentunya ingin meningkatkan penjualan dalam bisnisnya. Salah satu cara yang efektif adalah dengan melakukan pemasaran (marketing). Di zaman digital, orang bisa menemukan informasi hanya dengan membuka ponsel.

Pemasaran secara digital diperlukan untuk bisa memperkenalkan produk kepada calon pelanggan. Dengan seringnya mereka membuka media sosial semakin besar mereka bisa melihat produk Anda.

 

Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha


7. Manfaatkan Beberapa E-commerce untuk Menjual Produk Anda

Era digital membuat orang lebih memilih berbelanja dengan menggunakan internet alias belanja online. Gunakan beberapa situs e-commerce untuk menjual produk dan memperluas area pasar target Anda.

Manfaatkan fitur yang ditawarkan oleh e-commerce tersebut untuk memudahkan Anda mengatur semua penjualan.

 

8. Catat Setiap Transaksi 

Menjalankan bisnis bukanlah hanya aktivitas jual-beli. Tetapi juga merupakan hal yang penting untuk selalu mengetahui alur administrasi dan keadaan finansial perusahaan Anda. Maka dari itu, diperlukan pencatatan dan perhitungan dari setiap transaksi yang terjadi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.