DEPO Kantongi Dana IPO, Lanjut Ekspansi Tiga Gerai Baru

DEPO secara resmi listing di BEI pada Kamis (25/11/2021) dan berhasil mengumpulkan dana segar sebesar Rp493,5 miliar.

Annisa Kurniasari Saumi

25 Nov 2021 - 14.59
A-
A+
DEPO Kantongi Dana IPO, Lanjut Ekspansi Tiga Gerai Baru

Seremoni pencatatan saham PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO) pada 25 November 2021. - Istimewa

Bisnis, JAKARTA - PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO) secara resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada Kamis (25/11/2021). Perusahaan tersebut pun berhasil mengantongi dana segar hingg Rp 493,5 miliar. 

Dana tersebut didapat dari 1,02 juta lembar saham yang dilepas ke pasar atau 15,08 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan dengan harga Rp482 per saham.

Corporate Secretary Depo Bangunan, Erwan Irawan, mengatakan dana yang diperoleh dari hasil IPO akan digunakan untuk pengembangan usaha, antara lain menambah gerai ritel di sejumlah daerah potensial, menambah produk house brand, dan mengembangkan online channel.

"Depo Bangunan menargetkan membuka tiga gerai baru dengan standar ukuran luas kurang lebih 4.000 meter persegi setiap tahunnya," kata Erwan.

Meski begitu, ekspansi perseroan tetap memperhatikan mitigasi risiko terutaa di tengah pandemi Covid-19. Dengan cara tersebut, lanjut Erwan, perusahaan bisa mengembangkan bisnis secara berkelanjutan. 

Jika ditelisik lebih detail berdasarkan prospektus, dana hasil IPO DEPO dialokasikan sebesar 18 persen untuk belanja modal perseroan, 8 persen untuk pelunasan pinjaman rekening koran perseroan kepada bank, 41 persen untuk entitas anak, dan 33 persen untuk meningkatkan belanja modal yang mendukung operasional. 

 

 

Perusahaan ritel bahan bangunan yang telah berusia 25 tahun telah memiliki 9 gerai Depo Bangunan yang berlokasi di Jakarta, Serpong, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Lampung. Perseroan membangun gerai terbesarnya di Serpong, Tangerang Selatan, pada 2000 lalu. Total luas area lebih dari 20.000 m² dan luas toko 9.012 m². Perusahaan juga tercatat menjual lebih dari 49.000 produk, 90.000 SKU dengan 1.500 merek berbeda.

Untuk ke depannya, perseroan berencana mengembangkan dan menambah jumlah gerai ritel di sejumlah daerah potensial. Pendiri DEPO, Kambiyanto Kettin, mengatakan perseroan bakal membuka gerai ke-10 tahun di Jember. Disusuol oleh pembukaan gerai ke-11 di Pondok Gede, Bekasi, pada awal 2022.

"Kami juga sudah memiliki lahan untuk gerai ke-12 di Rungkut Surabaya yang segera dibangun di 2022" katanya dalam dalam keterangan tertulis pada Rabu (18/11/2021).

Jika gerai-gerai baru sudah beroperasi tahun depan, DEPO menargetkan penjualan tumbuh sebesar 12 persen. Untuk penjualan daring, perseroan bakal berfokus pada penggunaan aplikasi Whatsapp, terutama di masa pandemi Covid-19 pada saat ini. Hal itu dilakukan untuk memudahkan para pelanggan dan lebih fleksibel.

Proses pembayaran juga akan dilakukan dengan cepat dan aman. Hal ini juga dianggap akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Dari sisi SDM, Depo Bangunan akan memakai pendekatan train the trainer dalam melakukan pengembangan sumber daya manusia. Depo Bangunan akan melakukan promosi jabatan internal dan merekrut talent lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Febrina Ratna Iskana

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.