Derap Langkah Perbankan Berburu Startup

Industri perbankan gencar melebarkan sayap investasinya ke sektor startup teknologi melalui modal ventura. Langkah perbankan ini tampaknya tidak surut, meski pesona startup akhir-akhir ini memudar akibat tekanan besar yang terjadi secara global di industri teknologi.

Emanuel Berkah Caesario

9 Feb 2023 - 19.40
A-
A+
Derap Langkah Perbankan Berburu Startup

Ilustrasi startup. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Tantangan yang mendera sektor teknologi di era pengetatan moneter saat ini tidak serta merta menyurutkan gairah perbankan untuk berinvestasi di sektor ini melalui perusahaan modal ventura. Bisnis startup teknologi masih diyakini memiliki prospek yang cerah dalam jangka panjang.

Bank-bank besar saat ini umumnya ikut berlomba dalam mengembangkan ekosistem digital mereka. Selain membenahi struktur bisnis internal mereka agar makin terdigitalisasi, bank pun memperluas jaringan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan teknologi.

Di tengah upaya tersebut, sejumlah bank besar pun memandang langkah investasi langsung ke sektor-sektor digital yang potensial akan menjadi strategi yang tepat untuk mengantisipasi pertumbuhan bisnis di masa mendatang. Alhasil, bank pun berlomba berinvestasi di startup.

Langkah perbankan dalam berinvestasi di startup salah satunya dilakukan melalui pengembangan unit bisnis modal ventura. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BBNI misalnya pada tahun lalu membentuk modal ventura bernama PT BNI Modal Ventura atau BNI Ventures.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Derap Langkah Perbankan Berburu Startup

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.