Deretan Konglomerat Penerima Dana Sawit Program Biodiesel B35

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) juga menyediakan insentif dana sawit senilai Rp30 triliun—Rp31 triliun untuk menyalurkan 13,15 juta kiloliter biodiesel dalam program B35 tahun ini.

Ibeth Nurbaiti

10 Agt 2023 - 09.30
A-
A+
Deretan Konglomerat Penerima Dana Sawit Program Biodiesel B35

Pekerja menata kelapa sawit saat panen di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (30/8/2020). Pemanfaatan bahan bakar nabati (BBN) yang berasal dari kelapa sawit, yakni biodiesel menjadi salah satu langkah pemerintah untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor minyak. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Langkah pemerintah untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor minyak melalui pemanfaatan bahan bakar nabati (BBN) yang berasal dari kelapa sawit, yakni biodiesel terus berlanjut.

Terlebih, program B35 (pencampuran 35 persen BBN jenis biodiesel ke dalam bahan bakar minyak Solar) dinilai efektif menekan impor BBM, khususnya jenis Solar. Selama ini, pemerintah harus mengimpor selisih antara konsumsi yang mencapai 1,3 juta barel per hari dan produksi kilang nasional yang sekitar 800.000 barel per hari.

Selain itu, program B35 mampu mengurangi konsumsi BBM dari yang semula 1,3 juta barel per hari menjadi 1,22 juta barel per hari sehingga impor yang diperlukan makin sedikit karena mampu disubstitusi dengan FAME yang dicampurkan ke dalam Solar untuk menjadi Biosolar.

Baca juga: Daftar Alokasi Biodiesel B35, Pertamina Menguasai Pasokan 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.