Deru Manufaktur Terpacu Siklus Nataru

Sektor manufaktur menambah ekspansi produksi pada November 2023 seiring dengan permintaan pasar yang menguat menjelang siklus Natal dan Tahun Baru. Semestinya, pergerakan pabrik bisa lebih kencang lagi.

Afiffah Rahmah Nurdifa & Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra

1 Des 2023 - 14.03
A-
A+
Deru Manufaktur Terpacu Siklus Nataru

Pabrik makanan. Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan kuat. - Foto Kemenperin.

Bisnis, JAKARTA--Sektor manufaktur menambah ekspansi produksi pada November 2023 seiring dengan permintaan pasar yang menguat menjelang siklus Natal dan Tahun Baru. Semestinya, pergerakan pabrik bisa lebih kencang lagi.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat indeks kepercayaan industri (IKI) November 2023 menyentuh 52,43 atau meningkat 1,73 poin dibandingkan Oktober 2023 yang menyentuh level 50,70.

IKI mengalami penurunan sejak pertumbuhan indeks terakhir pada Juni 2023 yang berada di level 53,93, naik dari posisi Mei sekitar 50,9. Kemudian IKI mencapai level 53,31 turun 0,60 poin pada Juli 2023.

Selanjutnya, pada Agustus level IKI turun 0,09 poin menjadi 53,22 dan kembali melambat 0,71 poin menjadi 52,51 pada September, serta melambat 1,81 poin pada Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Deru Manufaktur Terpacu Siklus Nataru

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.