Deru Mesin Astra (ASII) Digempur Mobil China

Harga saham konglomerasi otomotif, PT Astra International Tbk. (ASII) telah melemah 19,29% sepanjang tahun berjalan (Year-to-Date/YtD) menjadi 4.560 per lembar. Kendaraan listrik asal China sebagai pesaing baru dianggap mengurangi dominasi Astra. Benarkah demikian?

Rizqi Rajendra

7 Jun 2024 - 17.58
A-
A+
Deru Mesin Astra (ASII) Digempur Mobil China

Ilustrasi menara Astra./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Saham emiten konglomerasi PT Astra International Tbk. (ASII) tengah menghadapi tekanan seiring dengan sejumlah sentimen negatif yang menerpa, terutama di segmen kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Kalangan analis menilai, sejalan dengan produsen mobil listrik asal China, BYD Auto Co. Ltd meluncurkan mobil berteknologi hibrida terbaru, maka hal itu berisiko dapat menggerus pangsa pasar ASII. Terlebih, Kementerian Transportasi Jepang baru-baru ini menemukan kejanggalan pada sertifikasi uji keselamatan dari prinsipal Toyota, Jepang.

Imbasnya, saham ASII terkoreksi 0,87% Rp4.560 pada Kamis (6/6/2024). Sementara itu, sepanjang tahun berjalan saham ASII melemah 19,29% secara year-to-date (ytd).

Emiten berkapitalisasi pasar Rp184,61 triliun itu memiliki price to earning ratio (PER) 6,18 kali, sedangkan price to book value sebesar 0,89 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.