Detik-Detik Gibran dan Kaesang Sungkem ke Megawati

Momen menarik terjadi dalam acara pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Selasa (14/11/2023). Dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep sungkem ke Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Surya Dua Artha Simanjuntak

15 Nov 2023 - 13.34
A-
A+
Detik-Detik Gibran dan Kaesang Sungkem ke Megawati

Momen menarik terjadi dalam acara pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Selasa (14/11/2023). Dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep sungkem ke Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. JIBI/Bisnis-Surya Dua Artha

Bisnis, JAKARTA - Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) tiba di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat jelang pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11/2023) malam.

Ada momen menarik saat acara pengundian tersebut, Ketua Umum Megawati dan sejumlah elite parpol pengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud-MD datang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mega dan para ketua umum kemudian duduk di kursi yang sudah disediakan.

Tak lama usai duduk di kursi koalisi Ganjar-Mahfud, dua putra presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep menyambangi Megawati. Gibran dan Kaesang tampak sungkem ke Megawati. Langkah itu diikuti oleh Prabowo Subianto. Prabowo tampak memberikan sikap hormat ke Megawati.

Adapun, pantuan Bisnis di lokasi, pada acara pengundian tersebut, pasangan pertama yang tiba yaitu Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka pada pukul 18.41 WIB. Mereka kenakan kemeja biru muda.

Lalu, pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar sampai ke lokasi pada 18.53 WIB. Mereka kenakan kemeja putih polos.

Terakhir, tiba pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD pas pukul 18.57 WIB. Ganjar kenakan kemeja hitam, sementara Mahfud pakai kemeja putih.

Usai tiba, mereka langsung masuk ke dalam kantor KPU. Nantinya, mereka akan menggelar makan malam bersama yang digelar langsung oleh KPU.

Tiga pasangan capres-cawapres yaitu Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (kiri), Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD menunjukkan nomor urut mereka dalam ajang Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Selasa (14/11/2023) malam. Bisnis/Surya Dua Artha Simanjuntak

Gala Dinner

Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan jamuan makan malam bersama atau gala dinner itu digelar sebagai bentuk persatuan antara pihak yang akan bertanding dalam ajang Pilpres 2024.

"Gala dinner ini sebagai sarana kita bersilaturahmi satu sama lainnya karena kita tahu bahwa penyelenggaran pemilu ini kan berasaskan pada Pancasila," kata Idham di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

Gala dinner itu akan digelar di atap alias rooftop Kantor KPU RI. KPU, lanjutnya, mengundang para pasangan capres-cawapres dan ratusan pimpinan dan struktur partai politik pendukung.

"Ada 22 kursi kami sediakan untuk pimpinan parpol gabungan, dan ada 150 kursi untuk fungsionaris partai, anggota partai, atau pun pihak-pihak yang mereka undang," ungkapnya.

Baca Juga : Misi Jokowi Bela Palestina di Hadapan Biden 

Setelah, mereka melakukan pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres di halaman Kantor KPU RI. Nantinya, mekanisme pengundingan nomor urut pasangan capres-cawapres dilakukan secara dua tahap. Pertama, ketiga pasangan capres-cawapres akan mengambil nomor antrean untuk pencabutan nomor urut.

"Pengambilan nomor antrian ini sesuai dengan waktu pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden yang waktu itu dilaksanakan tanggal 19 sampai dengan 25 Oktober," jelas Idham di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

Kedua, sesuai nomor antrean itu, mereka akan mencabut nomor urut masing-masing untuk Pilpres 2024.

"Setelah mereka mendaftarkan nomor antrean baru mereka mengambil nomor undian sesungguhnya untuk penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden. Jadi sekali lagi kegiatan pemilihan ini dilakukan dua tahap," ujar Idham.

Baca Juga : Sah, Suhartoyo Dilantik Jadi Ketua MK Gantikan Anwar Usman 

DETIK-DETIK SUNGKEM

Momen menarik terjadi dalam acara pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Selasa (14/11/2023). Dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep sungkem ke Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Awalnya, tampak Gibran seperti mengajak Kaesang untuk menghadap Megawati. Dia mengajak Kaesang untuk sungkem kepada Megawati. Kaesang menjadi yang pertama mencium tangan Megawati dan diikuti oleh Gibran.

Melihat momen tersebut, ratusan elite partai politik (parpol) pengusung tiga pasangan capres-cawapres yang hadir di lokasi langsung riuh. Mereka bertepuk tangan dan bersorak melihat momen tersebut.

Sebagai informasi, belakangan dikabarkan hubungan Megawati dan Jokowi semakin renggang. PDIP mulai sering mengkritik pemerintah Jokowi usai Gibran menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Anak Presiden Jokowi sekaligus Ketua PSI Kaesang Pangarep sungkem ke Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri./BISNIS-Surya

PDIP bahkan merasa ditinggalkan keluarga Jokowi dan mulai mewanti-wanti kecurangan Pemilu 2024 lewat penguasa.

Mereka sendiri berkumpul di Kantor KPU untuk menghadiri pengundingan nomor urut pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024. Setelah tiga pasangan capres-cawapres ini mempunyai nomor urut, tahapan selanjutnya yaitu masa kampanye.

Tahapan kampanye capres-cawapres dan para caleg akan dimulai akhir bulan ini dan berlangsung hingga 75 hari.

"Masa kampanye untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden, sama halnya dengan masa kampanye untuk pemilu anggota legislatif yaitu akan dimulai pada tanggal 28 November 2023 dan akan berlangsung 75 hari ke depan atau sampai dengan tenggal 10 Februari 2024," jelas Idham Holik dalam konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.