Di Balik Deru Laju Penjualan Bus

Penjualan kendaraan tipe bus sepanjang 2022 melejit seiring dengan dibukanya pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19. Kalangan operator dan penguasaha angkutan penumpang massal ini masih akan melaju kencang pada tahun ini.

Fatkhul Maskur

20 Jan 2023 - 15.30
A-
A+
Di Balik Deru Laju Penjualan Bus

Armada Baru PO MPM.- Foto Hino Motors

Bisnis, JAKARTA - Penjualan kendaraan tipe bus sepanjang 2022 melejit seiring dengan dibukanya pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19. Kalangan operator dan penguasaha angkutan penumpang massal ini masih akan melaju kencang pada tahun ini.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan bus sepanjang tahun lalu bertumbuh menjadi lebih dari dua kali lipat. Pada 2022, penjualan bus naik 126% (+1.881 unit) dibandingkan dengan capaian pada tahun sebelumnya 1.497 unit menjadi 3.378 unit. 

Seluruh segmen bus kompak mencatatkan kenaikan, mulai dari bus kecil dengan gross vehicle weight (GVW) 5-10 ton, bus medium GVW 10-24 ton, hingga bus besar dengan GVW lebih dari 24 ton.

Penjualan bus kecil mencatatkan penjualan paling tinggi hingga 175% menjadi 2.510 unit sepanjang tahun lalu sekaligus memperbesar dominasi penjualan hingga menjadi 74%. Segmen bus kecil diisi oleh merek, yakni Mitsubishi Fuso, Hino Motors, dan Tata Motors. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Di Balik Deru Laju Penjualan Bus

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.