Di Balik Investasi Meninggi Industri Alas Kaki

Investasi industri alas kaki tumbuh menebal meskipun terjadi penurunan pesanan sepanjang 2023 akibat kondisi geopolitik dan ekonomi global. Lagi pula, sektor padat karya ini diwarnai banyak PHK massal.

Afiffah Rahmah Nurdifa

1 Feb 2024 - 13.23
A-
A+
Di Balik Investasi Meninggi Industri Alas Kaki

Ekspor sepatu. Indonesia merupakan negara pemasok terbesar ketiga produk alas kaki dunia.

Bisnis, JAKARTA- Investasi industri alas kaki tumbuh menebal meskipun terjadi penurunan pesanan sepanjang 2023 akibat kondisi geopolitik dan ekonomi global. Lagi pula, sektor padat karya ini diwarnai banyak PHK massal.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada Januari-September 2023, investasi industri barang dari kulit dan alas kaki sebesar Rp1,1 triliun dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), sedangkan investasi asing sebesar US$574,3 juta.

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) mengungkap Firman Bakrie mengatakan capaian investasi alas kaki tersebut tumbuh pesat selama beberapa tahun ke belakang, termasuk saat pandemi berlangsung.

"Untuk alas kaki walaupun terjadi penurunan order pada 2023, tetapi secara struktur industri masih termasuk sebagai sektor yang kompetitif," kata Firman kepada Bisnis, Selasa (30/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.