Di Balik Izin 'Setengah Hati' Ekspor Konsentrat Freeport & AMMN

Kendati perpanjangan izin ekspor konsentrat mineral logam itu sejatinya sudah berlaku sejak 1 Juni 2024, PT Freeport Indonesia dan PT Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN) ternyata masih belum bisa melakukan ekspor.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

24 Jun 2024 - 19.54
A-
A+
Di Balik Izin 'Setengah Hati' Ekspor Konsentrat Freeport & AMMN

Konsentrat mineral logam.

Bisnis, JAKARTA — Perpanjangan relaksasi izin ekspor mineral logam untuk komoditas konsentrat tembaga yang diberikan pemerintah hingga 31 Desember 2024 mendatang tidak serta merta membuat PT Freeport Indonesia dan PT Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN) dapat bernapas lega.

Kendati perpanjangan izin ekspor konsentrat mineral logam itu sejatinya sudah berlaku sejak 1 Juni 2024, kedua perusahaan tersebut ternyata masih belum bisa melakukan ekspor. 

Sejumlah persoalan, terutama ketentuan bea keluar disebut-sebut masih menjadi ganjalan dalam proses pemberian izin ekspor tersebut. Padahal, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menerbitkan aturan anyar terkait dengan besaran tarif bea keluar atas barang ekspor produk hasil pengolahan mineral logam.

Di sisi lain, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menegaskan bahwa baik Freeport maupun Amman Mineral belum mengajukan permohonan izin ekspor, lantaran kedua perusahaan itu disebut-sebut belum mendapatkan rekomendasi ekspor dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.