Di Balik Kritik Anies pada Subsidi Kendaraan Listrik

Pemerintah memutuskan untuk memberi subsidi harga kendaraan listrik mulai 1 April 2023. Diproyeksi menelan anggaran Rp8,392 triliun, program tersebut dikritik Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 yang sukses menggelar Jakarta E-Prix.

Fatkhul Maskur

10 Mei 2023 - 17.02
A-
A+
Di Balik Kritik Anies pada Subsidi Kendaraan Listrik

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk memberi subsidi harga kendaraan listrik mulai 1 April 2023. Diproyeksi menelan anggaran Rp8,392 triliun, program tersebut dikritik Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 yang sukses menggelar Jakarta E-Prix.

Pemberian bantuan subsidi untuk pembelian kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) diumumkan oleh Menko Marves Luhut B Pandjaitan, Senin (6/3/2023). Subsidi motor listrik dimulai pada 20 Maret 2023, adapun untuk mobil dan bus dimulai 1 April 2023.

“Insentif itu dalam rangka mempercepat industri KBLBB di Tanah Air. Adapun, percepatan ini dalam rangka mendorong efisiensi dan ketahanan energi, serta terwujudnya kualitas udara bersih dan ramah lingkungan," kata Luhut.

Total anggaran subsidi mencapai 13,74 triliun. Perinciannya, bantuan konversi dan pembelian sepeda motor pada tahun ini dianggarkan Rp7 triliun, dan pada 2024 sebesar Rp5,45 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Di Balik Kritik Anies pada Subsidi Kendaraan Listrik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.