Di Balik Mahalnya Tarif Pesawat dan Harga Avtur RI

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengendus masalah dalam penjualan dan pendistribusian bahan bakar avtur. Kondisi ini ditengarai turut memicu tingginya harga tiket pesawat di dalam negeri.

Ni Luh Anggela & Rayful Mudassir

6 Feb 2024 - 20.25
A-
A+
Di Balik Mahalnya Tarif Pesawat dan Harga Avtur RI

Bisnis, JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengendus masalah dalam penjualan dan pendistribusian bahan bakar avtur. Kondisi ini ditengarai turut memicu tingginya harga tiket pesawat di dalam negeri.

Harga tinggi avtur di Indonesia masih menjadi pemicu utama mahalnya harga tiket penerbangan di tingkat domestik. Komponen biaya bahan bakar untuk sekali penerbangan mencapai 38% - 45% dari total biaya. 

Hasil penelusuran KPPU, harga avtur penerbangan di Indonesia masih lebih tinggi dibandingkan dengan harga avtur penerbangan di 10 bandara udara luar negeri.

Kisaran perbedaaan harga avtur bandara di Indonesia dengan bandara luar negeri secara umum mencapai 22% hingga 43% untuk periode Desember 2023. Sebab itu, harga avtur dinilai berpengaruh langsung kepada harga tiket pesawat terbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Di Balik Mahalnya Tarif Pesawat dan Harga Avtur RI

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.