Di Balik Susutnya Simpanan Nasabah Tajir

Kelompok nasabah bank dengan nilai tabungan di atas Rp5 miliar cenderung mengurangi simpanannya di bank per November 2023. Langkah ini dinilai turut dipengaruhi oleh efek kebijakan moneter, redanya pandemi, hingga pemilu tahun ini.

Tim Redaksi

3 Jan 2024 - 13.18
A-
A+
Di Balik Susutnya Simpanan Nasabah Tajir

Ilustrasi nasabah kaya. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan mencatat tren pertumbuhan dana pihak ketiga atau DPK perbankan yang cenderung terus melambat sepanjang 2023 lalu. Di sisi lain, secara lebih terperinci, Lembaga Penjamin Simpanan melaporkan penurunan terjadi di simpanan dari kalangan nasabah tajir.

Seiring dengan redanya pandami, aktivitas ekonomi kembali bangkit. Hal ini menjadikan pelaku ekonomi yang selama pandemi cenderung menahan diri, kini mulai kembali aktif untuk melakukan investasi dan belanja. 

Seiring dengan itu, permintaan terhadap kredit perbankan pun perlahan bangkit. Di saat yang sama, simpanan yang cenderung menggemuk selama pandemi, kini beralih menyusut sejalan dengan peralihan konsentrasi pelaku ekonomi dari menabung menuju belanja atau investasi.

Data OJK dan Bank Indonesia mencatat pertumbuhan kredit per November 2023 mencapai 9,74% year-on-year (YoY), lebih tinggi dibanding pertumbuhan pada bulan sebelumnya yang sebesar 8,99% YoY. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Di Balik Susutnya Simpanan Nasabah Tajir

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.