Diam-diam, BPJS Ketenagakerjaan Punya Program Pinjaman Perumahan

Alih-alih menambah beban pekerja dan pengusaha dengan iuran Tapera, pemerintah didorong untuk memanfaatkan sumber pendanaan dari dana BPJS Ketenagakerjaan untuk program terkait perumahan pekerja.

Maria Elena & Alifian Asmaaysi

29 Mei 2024 - 14.44
A-
A+
Diam-diam, BPJS Ketenagakerjaan Punya Program Pinjaman Perumahan

Calon pembeli mencari informasi tentang rumah subsidi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (18/1/2023). Pembelian unit KPR FLPP dapat dilakukan melalui dana Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). - Bisnis/Arief Hermawan P.

Bisnis, JAKARTA - Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menolak diberlakukannya Program Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera pada 2027 mendatang. Pemerintah diminta dapat memanfaatkan sumber pendanaan BPJS Ketenagakerjaan untuk program perumahan pekerja.

Ketua Umum Apindo Shinta W.Kamdani meminta kepada pemerintah untuk mempertimbangkan kembali pemberlakuan besaran iuran Tapera sebesar 3% yang dibebankan kepada pengusaha dan pekerja.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 21/2024, pekerja yang mendapatkan gaji setara upah minimum provinsi akan dikenakan potongan iuran sebesar 2,5%. Sisanya 0,5% dipotong dari pemberi kerja. 

Shinta mengatakan bahwa aturan terkait iuran Tapera tersebut akan semakin menambah beban baru, baik baik pemberi kerja maupun pekerja. Pasalnya, beban pungutan yang telah ditanggung oleh pemberi kerja saat ini yaitu sebesar 18,24% hingga 19,74% dari penghasilan pekerja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.