Free

Didukung Infrastruktur, Harga Rumah di Cibubur Melesat Cepat

Cibubur adalah salah satu nama kelurahan di Jakarta Timur, DKI Jakarta. Namun, kenyataannya, makna Cibubur meluas hingga ke wilayah tetangga yakni Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bekasi. Kehadiran infrastruktur dan pertumbuhan pesat berbagai fasilitas membuat harga rumah di Cibubur naik cepat.

M. Syahran W. Lubis

22 Mar 2022 - 21.35
A-
A+
Didukung Infrastruktur, Harga Rumah di Cibubur Melesat Cepat

Jalan tol Jagorawi di titik Cibubur. Kehadiran jalan tol mengangkat dengan cepat harga properti residensial di Cibubur./Antara

Bisnis, JAKARTA – Cibubur sebenarnya hanya nama satu kelurahan di Kecamatan Ciracas, Kota Administratif Jakarta Timur, DKI Jakarta. Namun, dalam perkembangannya, area yang disebut masyarakat sebagai Cibubur meluas, bahkan sangat luas, membentang hingga Kota Bekasi, Kota Depok, dan Kabupaten Bogor di Jawa Barat.

Terkereknya nama Cibubur di luar wilayah DKI agaknya juga mengangkat harga properti yang memang berkembang pesat di tiga wilayah di atas yang sebenarnya bukan termasuk Kelurahan Cibubur.

Wilayah Cibubur memang mempunyai sejumlah keunggulan yang menopang pertumbuhan pesat bisnis properti di daerah tersebut.

Keunggulan paling utama, sebagaimana dikemukakan Rumah123.com, bagian dari perusahaan teknologi properti 99 Group yang berbasis di Singapura, jelas lokasinya yang strategis, karena berada di persimpangan empat wilayah sekaligus.

Berkat lokasi yang strategis, Cibubur sangat tepat dikembangkan sebagai area permukiman yang bertumbuhan dengan pesat. Perkembangannya melonjak selama lebih dari 20 tahun terakhir dan itulah yang mendorong naik harga properti di sini, sehingga sangat layak untuk dijadikan sasaran investasi.


Dukungan Jalan Tol

Kelebihan berikutnya, akses jalan tol dan transportasi umum di Cibubur termasuk kategori mudah. Hal itu disebabkan Cibubur merupakan wilayah padat penduduk dan pusat keramaian. Sarana dan prasarana transportasi mulai dari kendaraan umum hingga jalan tol tersedia lengkap. Sebut saja Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jagorawi, hingga Tol Lingkar Dalam Kota Jakarta.

Salah satu proyek residensial vertikal di Cibubur./Istimewa

Dengan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang demikian lengkap, wajar apabila properti di Cibubur berkembang pesat dan sangat layak dijadikan sasaran investasi safe-haven.

Hal lain yang menjadi nilai positif adalah Cibubur merupakan kawasan wisata. Seiring dengan pertumbuhan Cibubur yang pesat, berbagai tempat wisata di wilayah ini mulai bermunculan. Pengunjungnya bukan hanya mereka yang tinggal di Cibubur, tapi juga datang dari luar wilayah itu.

Maraknya kehadiran tempat wisata, termasuk mal atau pusat perbelanjaan dan berbagai pusat hiburan, otomatis mengangkat harga properti terutama residensial di Cibubur dalam makna wilayah yang luas, bukan sekadar kelurahan di Ciracas, Jakarta timur.

Keunggulan lainnya yang dimiliki Cibubur adalah perkembangan pembangunan tidak akan berhenti sampai di daerah itu saja, melainkan menyebar ke wilayah sekitarnya. antara lain Kecamatan Cimanggis di Kota Depok dan Kecamatan Cibinong di Kabupaten Bogor.

Permintaan rumah di Cibubur sendiri sangat tinggi, sehingga bisa memicu kenaikan harga rumah di wilayah daerah itu dan sekitarnya.

Kenaikan Harga

Sebagaimana diuraikan di atas, pergerakan naik harga rumah di Cibubur terhitung tinggi, sehingga layak dijadikan sasaran investasi yang safe-haven yaitu dinilai lebih aman saat terjadi kondisi ketidakpastian ekonomi, politik, ataupun geopolitik yang meningkat dan memiliki kecenderungan untuk menguat atau meningkat dari segi valuasi (harga) akibat kenaikan permintaan.

Kisaran harga rumah tapak dalam daftar permukiman di Cibubur dimulai dari Rp400 juta hingga mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Untuk perumahan dengan kisaran harga mulai dari Rp400 juta hingga Rp700 juta per unit antara lain Relife Greenville Cileungsi, Harvest City, Metland Cileungsi, Metland Transyogi, Citra Grand, Cibubur Residence, Cycas Residence, Green Village Kranggan, dan Modesca Coco Garden.

Sementara itu, perumahan Eksklusif dengan lebih dari Rp900 juta di antaranya Kota Wisata, Legenda Wisata, Raffles Hills, Citra Garden Cibubur, dan Bukit Golf Cibubur.

Satu keuntungan tambahan bagi pembeli landed house di Cibubur adalah harganya yang relatif masih lebih murah apabila dibandingkan dengan wilayah DKI Jakarta meskipuin lokasinya berdekatan.

Suasana di salah satu mal atau pusat perbelanjaan di Cibubur. Kehadiran berbagai fasilitas publik di Cibubur mempercepat kenaikan harfga rumah di daerah tersebut./Bisnis

Dengan demikian, berbagai fasilitas di Cibubur bisa dikatakan sudah hampir menyamai yang tersedia di DKI Jakarta, tetapi di sisi lain harga lahannya masih lebih rendah dibandingkan dengan tingkat harga tanah di Ibu Kota.

Oleh karena itu, masih tersedia ruang yang cukup besar untuk peningkatan harga huniamn terutama rumah tapak di Cibubur.

Kondisi semakin memanjakan calon pembeli rumah, karena saat ini masih diberlakukan stimulus fiskal berupa Pajak Pertambahan Nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) yang diperpanjang hingga akhir September tahun ini.

Mulai 1 Januari 2022, besarnya PPN DTP untuk hunian tapak ataupun vertikal siap huni, termasuk rumah toko (ruko) dan rumah kantor (rukan), adalah 50% untuk properti dengan harga maksimal Rp2 miliar dan 25% untuk properti dengan kisaran harga Rp2 miliar hingga Rp5 miliar.

Artinya, apabila harga satu unit rumah dilepas pengembang dengan harga Rp400 juta saja, level terendah yang menjadi contoh dalam tulisan ini, maka si pembeli akan langsung dapat menghemat pengeluaran Rp20 juta.

Apalagi jika yang dibeli merupakan hunian dengan harga katakanlah sebesar Rp1 miliar, maka jumlah yang bisa dihemat oleh pembelinya mencapai Rp50 juta, karena besarnya PPN dalam kondisi normal adalah 10% darinilai transaksi properti bersangkutan. Jelas itu adalah angka yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.