Dilema Fasilitas PPh di Kawasan Ekonomi Khusus

Tak cukup mudah mencabut insentif pajak di Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) karena ada konsekuensi berat yang menanti pada masa mendatang.

Tegar Arief Fadly

20 Des 2023 - 11.56
A-
A+
Dilema Fasilitas PPh di Kawasan Ekonomi Khusus

Progres konstruksi smelter konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur, Rabu (2932023) Bisnis-Denis Riantiza Meilanova

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah tengah menghadapi dilema memilih mencabut insentif pajak sebagai bagian dari evaluasi pemberian fasilitas di kawasan ekonomi khusus. Alasannya, tak cukup mudah mencabutnya karena ada konsekuensi berat yang menanti pada masa mendatang.

Dicabutnya perlakuan spesial di area khusus itu tentu bakal mengurangi nilai tawar kawasan tersebut sehingga bisa menjadi hambatan bagi masuknya aliran modal.

Seperti namanya, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) mendapat perlakuan yang khusus pula dari pemerintah, tak terkecuali pada bidang perpajakan alias insentif fiskal.

Berbagai fasilitas pun diumbar, dan yang paling manis tentu pemangkasan pajak perusahaan baik yang berbentuk tax holiday maupun tax allowance.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Dilema Fasilitas PPh di Kawasan Ekonomi Khusus

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.