Dilema Harga Gas Murah Industri di Ambang Ketidakpastian

Sejumlah hal masih menjadi pertimbangan dan pembahasan di lintas kementerian terkait dengan kebijakan HGBT, terutama menyangkut efektivitas kebijakan tersebut yang sejatinya ditujukan untuk mendorong geliat industri dalam negeri.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

18 Apr 2024 - 19.08
A-
A+
Dilema Harga Gas Murah Industri di Ambang Ketidakpastian

Fasilitas terminal dan pengelolaan gas terapung (Floating Storage and Regasification/FSRU) gas alam cair (LNG) Lampung PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Istimewa/PGN

Bisnis, JAKARTA — Kebijakan pemerintah terkait dengan harga gas bumi tertentu (HGBT) yang dipatok maksimal US$6 per million British thermal units (MMBtu) untuk industri tertentu masih menjadi dilema. Kendati akan berakhir pada 31 Desember 2024, pemerintah nyatanya masih belum satu suara ihwal keberlanjutan kebijakan tersebut.

Sejumlah hal masih menjadi pertimbangan dan pembahasan di lintas kementerian, terutama menyangkut efektivitas kebijakan tersebut yang sejatinya ditujukan untuk mendorong geliat industri dalam negeri. Dengan harga gas yang makin rendah, kinerja dan efisiensi sektor manufaktur nasional diharapkan dapat meningkat. 

Namun, pengorbanan pemerintah yang terpaksa merelakan berkurangnya penerimaan negara dari sektor hulu migas dinilai tidak sebanding dengan capaian peningkatan daya saing industri penerima manfaat kebijakan harga gas khusus tersebut.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat pengurangan bagian negara dari program harga gas murah bagi kelompok industri penerima manfaat, yakni sektor pupuk, petrokimia, oleokimia, baja, keramik, kaca, dan sarung tangan karet mencapai Rp29,39 triliun selama 2021 dan 2022. Besaran bagian negara yang hilang itu turun rata-rata 46,81% selama dua periode program tersebut berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.