Dilema Larangan Ekspor Bauksit dan Ketidaksiapan Smelter

Pelaku usaha yang bergerak di bidang pengolahan bauksit belakangan mengaku kesulitan untuk menambah kapasitas produksi mereka lantaran kesulitan mendapatkan pendanaan dari perbankan.

Ibeth Nurbaiti

12 Jul 2022 - 12.12
A-
A+
Dilema Larangan Ekspor Bauksit dan Ketidaksiapan Smelter

Penambangan bauksit di Bintan, Kepulauan Riau./Antara-Niko Panama

Bisnis, JAKARTA — Rencana pemerintah melarang ekspor bijih bauksit mulai 2023 masih menjadi dilema. Di satu sisi, penghentian ekspor bahan mentah komoditas tambang itu akan memberikan nilai tambah yang sangat besar bagi Indonesia, di sisi lain serapan bijih bauksit di dalam negeri masih cukup kecil dibandingkan dengan penjualan ekspor.

Ditambah lagi, pelaku usaha yang bergerak di bidang pengolahan bauksit belakangan mengaku kesulitan untuk menambah kapasitas produksi mereka lantaran pendanaan yang macet dari perbankan.

Akibatnya, banyak pihak yang menyangsikan rencana pemerintah untuk menyetop ekspor bauksit bersih atau washed bauxite (WBx) pada Juni 2023 bakal terlaksana sesuai dengan harapan. Pemerintah juga disebut masih setengah hati mendorong pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian atau smelter di dalam negeri.

Baca juga: Menaksir Dampak Larangan Ekspor Timah Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.