Dilema Suku Bunga Tinggi Bank Digital

Kalangan bank digital selama ini menggunakan strategi bunga simpanan tinggi untuk menarik minat penabung. Namun, strategi tersebut kini perlahan ditinggalkan, justru di saat tren suku bunga acuan sedang meningkat.

Emanuel Berkah Caesario

28 Sep 2022 - 15.16
A-
A+
Dilema Suku Bunga Tinggi Bank Digital

Karyawati beraktivitas di sekitar logo Bank Neo Commerce di Jakarta, Kamis (19/4/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Kalangan perbankan digital mulai meninggalkan kebijakan bunga simpanan tinggi yang selama ini menjadi gimik dalam memancing nasabah, padahal industri perbankan secara umum justru tengah bersiap menaikkan bunga simpanan seiring naiknya suku bunga acuan dan bunga penjaminan.

Bulan September 2022 ini, Bank Indonesia baru saja menaikkan suku bunga acuannya dengan sangat agresif, yakni 50 basis points (bps) sekaligus. Ini adalah kenaikan tertinggi sejak BI menerapkan kebijakan BI 7 Day Reverse Repo Rate pada 2016 lalu.

Sementara itu, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga resmi menaikkan tingkat bunga penjaminan (TBP) untuk simpanan rupiah di bank umum dan bank perkreditan rakyat (BPR) sebesar 25 basis poin (bps). Senada, LPS juga mengerek TBP untuk simpanan di valuta asing atau valas sebesar 50 bps.

Baca Juga: Bunga Penjaminan LPS Naik, Sinyal Kuat Penyesuaian Bunga Bank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Dilema Suku Bunga Tinggi Bank Digital

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.