Diluncurkan Besok, Begini Program JKP di Berbagai Negara

Asuransi pengangguran di Malaysia ternyata mirip dengan JKP yang diluncurkan besok. Simak penjelasannya.

Duwi Setiya Ariyanti

21 Feb 2022 - 21.00
A-
A+
Diluncurkan Besok,  Begini Program JKP di Berbagai Negara

Bisnis, JAKARTA— Asuransi pengangguran di berbagai negara ternyata memiliki kemiripan dengan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang diluncurkan besok. 

Program asuransi pekerjaan Malaysia ternyata memiliki beberapa kemiripan dengan Program JKP. Hal itu tecermin pada data dari materi paparan Kepala Divisi Asuransi Pekerjaan Malaysia, Ponniah Raman pada Konferensi Pengalaman Internasional Proteksi Melawan Pengangguran dan Relevansinya dengan Indonesia pada Maret 2020.

Dari aspek ketentuan, penerima manfaat mengalami kehilangan pekerjaan. Lalu, kontribusi minimal dalam program 12 bulan dalam 24 bulan untuk klaim pertama. Dari sisi iuran, masih menarik dari peserta sebesar 0,2 persen dan badan usaha 0,2 persen dari total gaji. 

Kemudian, dari sisi manfaat, tak hanya berupa dana saat kehilangan pekerjaan tetapi juga saat pendapatan berkurang serta masa awal kembali bekerja. Sementara itu, manfaat dana saat mencari kerja diberikan selama tiga bulan hingga enam bulan dengan bobot yang lebih rendah secara bertahap. Manfaat juga diberikan berupa pelatihan dengan maksimal ongkos pelatihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Diluncurkan Besok, Begini Program JKP di Berbagai Negara

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.