Dinamika Ekonomi Asia di Tengah Prospek Suram Global

Asia masih layak menjadi jagoan para investor karena ketahanannya menghadapi tekanan ekonomi global di saat kawasan lainnya seperti Amerika dan Eropa terimpit.

Nindya Aldila

21 Feb 2023 - 17.23
A-
A+
Dinamika Ekonomi Asia di Tengah Prospek Suram Global

Residensial dan perkantoran di Beijing, China, dalam foto file 10 Januari 2017./Reuters/Jason Lee

Bisnis, JAKARTA - Asia masih layak menjadi jagoan para investor karena ketahanannya menghadapi tekanan ekonomi global di saat kawasan lainnya seperti Amerika dan Eropa terimpit. 

Inflasi, tekanan suku bunga tinggi, lockdown berkepanjangan di China, dan pelemahan mata uang telah membuat perekonomian di Asia dan Pasifik cukup terguncang. Namun, dengan harga komoditas pangan dan minyak yang mendingin bakal memberikan prospek lebih cerah dibandingkan dengan kawasan lainnya. 

Dana Moneter Internasional (IMF) juga menyadarinya. Dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi menjadi 4,7 persen pada tahun ini dibandingkan dengan 3,8 persen pada 2022. Bahkan negara berkembang di kawasan ini diyakini akan tumbuh 5,3 persen tahun ini seiring dengan memudarnya disrupsi pada rantai pasok dan meningkatnya bisnis jasa.

Bahkan, China dan India digadang-gadang dapat berkontribusi hingga lebih dari separuh pertumbuhan global pada tahun ini. Sementara itu, pertumbuhan di negara seperti Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam akan kembali ke level pra pandeminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Dinamika Ekonomi Asia di Tengah Prospek Suram Global

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.