Diskon Tarif Tol Arus Balik Berlaku Hari Ini

Tujuan pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk mendistribusikan lalu lintas agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu saja.

Alifian Asmaaysi

17 Apr 2024 - 11.13
A-
A+
Diskon Tarif Tol Arus Balik Berlaku Hari Ini

Mudik di Gerbang Tol Kalikangkung. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) kembali menerapkan pemberian diskon tarif tol pada momentum arus balik Lebaran 2024. Diskon tarif tol pada sejumlah ruas di jaringan Jalan Tol Trans Jawa (JTT) itu berlaku mulai hari ini, Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan tujuan pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk mendistribusikan lalu lintas agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu saja.

Adapun, diskon tarif tol yang diberikan JSMR sebesar 20% hanya berlaku untuk perjalanan menerus, bagi pengguna jalan yang melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.  

Perinciannya, pemudik dengan kendaraan golongan I yang akan melakukan perjalanan dari GT Kalikangkung menuju GT Cikampek misalnya akan mendapat potongan tarif sebesar Rp84.300 menjadi Rp337.200, dari tarif normal sebesar Rp421.500.

Selama melakukan perjalanan menerus tersebut, pengguna jalan akan melewati beberapa ruas jalan tol baik jalan tol Jasa Marga Group di antaranya Jakarta Cikampek, Palimanan – Kanci, Batang – Semarang dan Semarang Seksi ABC serta jalan tol di luar milik Jasa Marga Group di antaranya Cikampek – Palimanan, Kanci Pejagan, Pejagan – Pemalang dan Pemalang – Batang.

Pemberlakuan potongan tarif tol akan dihitung pada saat melakukan tap out di gerbang tol keluar yaitu di GT Kalikangkung pada periode arus mudik atau GT Cikampek Utama pada periode arus balik sesuai dengan tanggal dan waktu yang telah ditentukan. 

Baca Juga: Siasat Operator Jalan Tol Beri Diskon Tarif Demi Kelancaran Arus Balik Lebaran

“Sehingga potongan tarif menjadi tidak berlaku apabila pengguna jalan tap out pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif melebihi pukul 05.00 WIB. Maka dari itu, kami mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan waktu perjalanan pada arus mudik dan arus balik sebaik mungkin agar dapat memanfaatkan potongan tarif 20%,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (17/4/2024).

Adapun rincian tarif tol perjalanan menerus arus balik dari Semarang menuju Jakarta yakni untuk kendaraan golongan I dari semula Rp421.500 menjadi Rp337.200 atau terkena potongan tarif sebesar Rp84.300. Kemudian untuk kendaraan golongan II dan III dari semula Rp649.500 menjadi Rp519.600, potongan tarif sebesar Rp129.900. Selanjutnya, untuk kendaraan golongan IV dan V dari semula Rp856.500 menjadi Rp685.200, potongan tarif sebesar Rp171.300. 

Sementara itu, VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo menuturkan terdapat sebanyak 17 gardu yang terdiri dari 14 gardu utama dan 3 gardu OAB disiapkan untuk proses layanan transaksi diskon 20% di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama arah ke Jakarta. Pengoperasian gardu-gardu tersebut akan disesuaikan dengan kondisi lalu lintas kendaraan yang melintasi GT Cikampek Utama selama program diskon berlangsung.

Pengguna jalan asal perjalanan dari Semarang atau masuk di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang – Semarang menuju Jakarta melewati GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta – Cikampek akan mendapatkan diskon tarif tol sebesar 20% dari harga normal.

Potongan tarif tol 20% ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik dengan saldo cukup di ruas Jalan Tol Batang – Semarang, Jalan Tol Palimanan – Kanci dan integrasi Jalan Tol Jakarta – Cikampek, dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.