Dorong Daya Beli, Masih Perlu Belanja dan Subsidi Pemerintah

Jika daya beli terhambat roda ekonomi terancam macet dan berbagai kondisi bisa terjadi, termasuk perlambatan pertumbuhan. Indeks keyakinan konsumen pada Juli 2022 menjadi isyarat agar pemerintah lebih berupaya mendorong agar daya beli tetap terjaga.

Saeno

9 Agt 2022 - 17.17
A-
A+
Dorong Daya Beli, Masih Perlu Belanja dan Subsidi Pemerintah

Subsidi dan belanja pemerintah masih diperlukan untuk dorong daya beli masyarakat,.Antara

Bisnis, JAKARTA – Daya beli masyarakat menjadi syarat mutlak agar roda ekonomi tetap bisa bergerak. Jika daya beli terhambat roda ekonomi terancam macet dan berbagai kondisi bisa terjadi, termasuk perlambatan pertumbuhan. Indeks keyakinan konsumen pada Juli 2022 menjadi isyarat agar pemerintah lebih berupaya mendorong agar daya beli tetap terjaga.

Meski masih berada di atas 100,  Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juli 2022 tercatat hanya mencapai 123,2 atau turun dibandingkan IKK Juni yang mencapai 128,2. Data Bank Indonesia juga menunjukkan penurunan lainnya terkait dengan penurunan IKK Juli 2022.

“Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi pada Juli 2022 tetap terjaga. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2022 sebesar 123,2, tetap berada dalam zona optimis (indeks >100) meski tidak setinggi indeks pada bulan sebelumnya sebesar 128,2,” ujar BI dalam publikasi Survei Konsumen Juli 2022.

BI menyebutkan IKK Juli 2022 tetap berada di zona optimis ditopang ekspektasi konsumen terhadap kegiatan ekonomi ke depan, walau IEK Juli 2022 turun menjadi 135,5 dari IEK Juni 2022 yang tercatat sebesar 141,8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.