Free

Dorong Ekspor, Bea Cukai Beri Izin TPPB ke Tritunggal Abadijaya

Kantor Wilayah Direktorat Bea Cukai Jawa Timur I memberikan izin fasilitas pameran berikat (TPPB) kepada PT Tritunggal Abadijaya Indonesia di Dupak Center, Surabaya, Kamis (15/2/2024).

Nanda Silvia Okti

20 Feb 2024 - 13.51
A-
A+
Dorong Ekspor, Bea Cukai Beri Izin TPPB ke Tritunggal Abadijaya

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur (Jatim) Untung Basuki memberikan izin tempat penyelenggaraan pameran berikat (TPPB) kepada PT Tritunggal Abadijaya Indonesia, Kamis (15/2/2024). – Foto DJBC

Bisnis, JAKARTA—Kantor Wilayah Direktorat Bea Cukai Jawa Timur I memberikan izin fasilitas pameran berikat (TPPB) kepada PT Tritunggal Abadijaya Indonesia di Dupak Center, Surabaya, Kamis (15/2/2024).

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 33 Tahun 2023, mengungkapkan TPPB adalah tempat penyelenggaraan pameran berikat yang digunakan untuk menimbun barang impor dalam jangka waktu tertentu, dengan atau tanpa barang dari dalam daerah pabean dengan tujuan akan dipamerkan. 

Kepala Bidang Fasilitas Kepabean dan Cukai Kanwil Bea Cukai Jatim I Syuhadak mengatakan lokasi penyelenggaraan pameran berada di Dupak Center Blok A Nomor 20A Lt 6, Jalan Gundih Nomor 8, Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan, Surabaya.

“Kami memberi izin fasilitas TPPB Tetap secara simbolis kepada Hardi Pangdani, CEO PT Tritunggal Abadijaya Indonesia. Izin ini digunakan perusahaan untuk menyelenggarakan pameran berupa produk mainan,” ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers Ditjen Bea Cukai, Selasa (20/2/2024).

Dia menjelaskan, pemberian izin TPPB tersebut tidak terlepas dari sinergi pihak otoritas bea cukai dan pajak, yang mencakup Bea Cukai Kanwil Jatim I, Bea Cukai Tanjung Perak, Bea Cukai Sidoarjo, dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Gubeng. 

Menurut Syuhadak, tujuan pemberian fasilitas ini untuk membantu UMKM dalam meningkatkan produk dalam negeri melalui pameran produk lokal yang diharapkan bisa naik kelas untuk siap ekspor. 

“Semoga kerja sama yang terjalin bisa memajukan sektor ekonomi dan industri di wilayah tersebut,” ujarnya. 

Baca Juga: 

Pasar Mainan Bergairah, Kapasitas Produksi Ditambah

Mengungkit Daya Saing Produk Karet di Pasar Ekspor

Dupak Center terdapat di Keluarahan Dupak, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Di kelurahan ini pula terdapat pusat perbelanjaan, seperti Dupak Grosir, dan Pasar PGS (Pusat Grosir Surabaya).

Dupak Grosir terletak di Jl. Gundih Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, tepat di samping Pasar PGS (Pusat Grosir Surabaya).

Pasar Dupak Grosir buka pada pukul 09.00-16.00 WIB. Di pasar Dupak Grosir sama dengan Pasar PGS, yang di dalamnya terdapat beberapa pedagang yang menjual, pakaian, jilbab, tas, sepatu, pakaian dalam, peralatan rumah tangga, hingga mainan anak.

Biasanya para tengkulak yang datang ke Pasar PGS juga selalu menyambangi Pasar Dupak Grosir ini, kadang pengunjung datang untuk membandingkan harga, atau mencari model dan barang yang tidak ada di pasar sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.