Dua Bandara di Nabire dan Fakfak, Papua Siap Diresmikan

Dua proyek bandara di Papua, yakni Bandara Douw Aturure di Nabire, Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak, Papua Barat siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (23/11/2023).

Redaksi

22 Nov 2023 - 21.53
A-
A+
Dua Bandara di Nabire dan Fakfak, Papua Siap Diresmikan

Bandara Douw Aturure di Nabire, Papua Tengah siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (23/11/2023). Istimewa-Kemenhub

Bisnis, JAKARTA — Bandara Douw Aturure di Nabire, Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak, Papua Barat siap diresmikan. Dengan kehadiran kedua bandara tersebut, mobilitas masyarakat dari dan ke Papua, baik ke Nabire maupun Fakfak diyakini akan makin lancar.

“Kita sudah membangun bandara yang cantik dan keren di Papua. Inshaallah sudah siap diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi besok [Kamis],” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau langsung dua Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut, Rabu (22/11/2023).

Menhub menjelaskan bahwa kedua bandara tersebut merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk saling melengkapi. Pemerintah daerah, imbuhnya, telah menyediakan lahannya kepada pemerintah pusat. Sementara itu, pemerintah pusat yang melakukan pembangunan baik terminal, runway, maupun fasilitas lainnya.

Baca juga: Jokowi Bangun Jalan & Perluasan Bandara Atasi Kelaparan di Papua

“Kami mohon dukungan pemda untuk melakukan upaya-upaya, untuk memasarkan bandara ini agar penumpang dan penerbangannya semakin ramai,” ujar Menhub.

Sebagai gambaran, Bandara Siboru dibangun sejak 2020 hingga 2023, sedangkan Bandara Douw Aturure Baru dibangun sejak 2020 hingga 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Douw Aturure di Nabire, Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak, Papua Barat, Rabu (22/11/2023).


Dalam kunjungannya ke Papua untuk meninjau langsung proyek bandara tersebut, Menhub turut didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni dan Direktur Angkutan Udara Putu Eka Cahyadi.

Selain itu, juga hadir penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Tengah Anwar Harun Damanik, Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin, Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Kapolda Papua Barat Irjen. Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, serta Arsitek Bandara Siboru Andra Matin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.