Dua Mata Pisau Insentif Fiskal

Pemerintah merilis aturan diskon pajak bumi dan bangunan (PBB), sebuah langkah terbaru untuk menjaga tenaga dunia usaha dan meringankan beban keuangan dalam menghadapi tekanan global. Hal itu dilakukan di tengah kekhawatiran berkurangnya pendapatan negara.

Maria Elena & Annasa Rizki Kamalina

13 Des 2023 - 20.21
A-
A+
Dua Mata Pisau Insentif Fiskal

Petugas melayani wajib pajak di salah satu kantor pelayanan pajak pratama di Jakarta, Selasa 30.8.2022. (Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah kembali memberi angin segar bagi pelaku usaha dengan insentif berupa diskon pajak bumi dan bangunan (PBB) di lima sektor usaha. Hal ini dilakukan di tengah prospek ekonomi nasional yang menantang, meski ada kekhawatiran berkurangnya pendapatan negara.

Payung hukum tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 129/2023 tentang Pemberian Pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan dan telah diundangkan pada 30 November 2023.

Kelima sektor industri yang mendapat pengurangan PBB di antaranya adalah perkebunan, kehutanan, pertambangan mineral atau batu bara, panas bumi, dan sektor di luar perikanan tangkap dan pembudidayaan ikan yang terdapat hasil produksi.

Baca juga: Pertumbuhan Mini Pajak Korporasi 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.