Duduk Perkara Polemik Pinjol & Opsi Student Loan Demi Bayar UKT

Pemerintah menggulirkan wacana skema student loan di Indonesia sebagai opsi lain pinjaman online bagi mahasiswa yang kesulitan bayar UKT. Lantas apakah bisa jadi solusi?

Rika Anggraeni, Pernita Hestin Untari & Annasa Rizki Kamalina

2 Feb 2024 - 19.00
A-
A+
Duduk Perkara Polemik Pinjol & Opsi Student Loan Demi Bayar UKT

Wisuda di Columbia University pada Senin (17/5/2010). - Bloomberg/Daniel Acker

Bisnis, JAKARTA — Pembayaran kuliah dengan skema pinjaman online atau pinjol baru-baru ini menjadi perhatian publik. Skema tersebut menjadi opsi bagi mahasiswa yang memiliki tunggakan uang kuliah di perguruan tinggi Institute Teknologi Bandung.

Di tengah polemik pinjol untuk membayar uang kuliah, pemerintah tengah menggodok opsi skema student loan Indonesia. Mengingat, dalam Undang-Undang Nomor 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) mengamanatkan bahwa tidak boleh ada mahasiswa yang terputus kuliahnya karena alasan biaya. Pemerintah, baik di tingkat pusat, daerah, maupun pihak kampus, justru harus membantu masalah keuangan mahasiswa terkait.

Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM ITB) buka suara terkait duduk perkara polemik pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) tersebut. Ketua Kabinet KM ITB Muhammad Yogi Syahputra mengatakan, cicilan UKT melalui pinjol Danacita ini merupakan kebijakan yang ditetapkan rektorat ITB sebagai salah satu solusi dan opsi mahasiswa untuk bisa membayar tunggakan UKT.

“Tiba-tiba Bu rektor membuat sebuah kebijakan, di mana kalau nggak bisa bayar tunggakan [UKT] ini harus cuti. Dan di tengah kekisruhan itu semua, kemudian dipromosikanlah solusinya, salah satunya itu adalah Danacita yang kemudian di-up pada website pembayaran UKT-nya ITB,” kata Yogi saat dihubungi Bisnis, Kamis (1/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.