Duet Astra Land & BSDE Bangun Township 73 Hektare di Cibubur

Proyek ini akan fokus pada pembangunan township yang terdiri dari rumah tapak dan area komersial yang menyasar segmen menengah dan menengah ke atas.

Yanita Petriella

9 Des 2023 - 11.18
A-
A+
Duet Astra Land & BSDE Bangun Township 73 Hektare di Cibubur

ilustrasi bangun rumah. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – PT Astra Land Indonesia (ALI) menggandeng PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) untuk membangun proyek township baru seluas 73 hektare di di kawasan Jalan Alternatif Cibubur, Kecamatan Jatisampurna, Bekasi.

Dua perusahaan properti tersebut membentuk perusahaan joint venture bernama PT Ruby Karya Sejahtera (RKS) pada bulan Maret 2023 lalu, dengan skema kepemilikan ALI sebesar 75% dan sebesar BSDE 25%. Kolaborasi ini diresmikan melalui penandatanganan akuisisi lahan yang dilakukan pada Jumat (8/12/2023).

Proyek ini akan fokus pada pembangunan township yang terdiri dari rumah tapak dan area komersial yang menyasar segmen menengah dan menengah ke atas. Lokasi proyek dapat diakses melalui jalan Tol Jatikarya (Cimanggis – Cibitung) yang menghubungkan lokasi township dengan pusat kota Jakarta.

Pada bulan Juli 2023 lalu, ALI melalui RKS, telah menandatangani komitmen untuk akuisisi lahan dan akan segera memasuki tahap pengembangan desain.

Presiden Direktur ALI Wibowo Muljono mengatakan melalui proses pertimbangan yang matang sepanjang tahun 2023 ini diharapkan kolaborasi dengan BSDE dapat menghasilkan proyek bersama di lokasi strategis yang bisa memenuhi kebutuhan customer.

Hadirnya proyek township dari PT RKS ini akan menambah deretan portofolio residensial ALI, setelah pada pertengahan tahun 2023 lalu melakukan groundbreaking green township Ammaia Ecoforest di wilayah Cikupa, Tangerang,” ujarnya dalam keterangan resmi. 

Adapun Astra Land Indonesia merupakan perusahaan property development dan investment yang merupakan joint venture antara Astra Property dan Hongkong Land dengan komposisi kepemilikan saham masing-masing sebesar 50%.

Astra Property merupakan lini bisnis ke-7 dari PT Astra International Tbk (ASII) yang bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan properti komersial, residensial dan industrial. Hongkong Land adalah grup investasi, manajemen, dan pengembangan properti yang terdaftar. 

Grup ini memiliki dan mengelola lebih dari 850.000 meter persegi kantor premium dan properti ritel mewah di kota-kota utama Asia, terutama di Hong Kong, Singapura, Beijing dan Jakarta.

ALI membawahi pembangunan residensial dari grup Astra Property. Portofolio bisnis yang dimiliki saat ini adalah proyek apartemen premium Anandamaya Residences yang berlokasi di jalan Jenderal Sudirman, proyek township bernama Asya yang berlokasi di Jakarta Timur, proyek apartemen eksklusif Arumaya Residences di kawasan TB Simatupang, hingga proyek township Ammaia Ecoforest di area Tangerang.

ALI memiliki visi untuk menjadi perusahaan pembangunan dan investasi properti yang paling beragam dan tepercaya di Indonesia. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan, untuk ke depannya ALI akan memiliki proyek lain seperti pengembangan kawasan mixed-use dan modern warehouse.

Baca Juga: Astra Property Bangun Gedung Kantor Telan Dana Rp1 Triliun


Direktur BSDE Herry Hendarta menuturkan joint venture ini menjadi kesempatan yang baik bagi perusahaan di tahun 2023. Pihaknya optimistis untuk bersinergi dan mengembangkan proyek baru ini bersama ALI.

“Harapannya, kita bisa sama-sama mengembangkan karya yang membanggakan bagi kedua belah pihak,” katanya. 

Untuk diketahui, BSDE merupakan pengembang BSD City, kota mandiri terbesar di Indonesia dan flagship project Sinar Mas Land seluas 5.950 hektare yang terdiri atas kawasan perumahan dan kawasan niaga terpadu. Pada awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Pasca aksi korporasi tersebut, BSDE secara konsisten dan berkesinambungan memperkuat portofolio pendapatannya dengan tumbuh secara organik maupun anorganik. Selain aktif dalam melakukan akuisisi tanah sebagai backbone perusahaan properti, berbagai kemitraan strategis dengan mitra nasional maupun internasional telah dilakukan guna memberikan nilai tambah bagi proyek-proyek yang berada di bawah BSDE maupun melalui entitas anak, asosiasi dan ventura bersama.

Ke depannya, BSDE juga akan aktif dalam memperkuat cadangan kas BSDE untuk mengembangkan dan meraih peluang-peluang bisnis yang potensial guna menjamin pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di masa mendatang. BSDE telah mengembangkan visi keberlanjutannya sejak tahun 2017 dan dalam perjalanannya menjadi elemen integral bagi setiap operasional bisnis. 

Saat ini, BSDE tercatat sebagai salah satu emiten properti terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp22.44 triliun per 30 November 2023 serta nilai ESG rating di level 14,83.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.