Dukung Digitalisasi UMKM, Transaksi melalui QRIS Mandiri Ramai saat Lebaran

Berdasarkan pantauan Tim Jelajah Lebaran 2024 Bisnis Indonesia di Pujasera Rest Area Travoy KM 389 B Tol Batang-Semarang, terpantau banyak UMKM yang sudah mendukung pembayaran melalui kode batang QRIS.

Media Digital

16 Apr 2024 - 17.36
A-
A+
Dukung Digitalisasi UMKM, Transaksi melalui QRIS Mandiri Ramai saat Lebaran

Nasabah memindai kode batang Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) melalui Livin’ by Mandiri di salah satu rumah makan di Rest Area KM 519A, Sragen, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2024). PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menargetkan adanya peningkatan enam juta pengguna aktif melalui super app Livin’ by Mandiri tahun ini. Sebagai informasi, Bank Mandiri mencatatkan pengguna mobile banking sebanyak 23 juta pada 2023, tumbuh 45% secara tahunan. Lebih rinci, volume transasi Livin’ mencapai 2,82 miliar, melesat 45% secara tahunan dari sebelumnya 1,94 miliar transaksi Adapun, untuk nilai transaksi Livin’ mencapai Rp3.271 triliun, naik 32,32% dari periode tahun sebelumnya yang hanya Rp2.472 triliun pada 2022./JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, SEMARANG - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) terus mendorong digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), salah satunya yaitu mendukung opsi pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) melalui Livin by Mandiri.

Berdasarkan pantauan Tim Jelajah Lebaran 2024 Bisnis Indonesia di Pujasera Rest Area Travoy KM 389 B Tol Batang-Semarang, terpantau banyak UMKM yang sudah mendukung pembayaran melalui kode batang QRIS. 

Setidaknya, dari 20 UMKM di Pujasera Rest Area KM 389 B, sebagian besar sudah memiliki opsi pembayaran menggunakan QRIS sehingga cukup memudahkan pembeli yang tidak membawa uang tunai.

Salah satunya, yakni di Rumah Makan (RM) Nirwana yang menjual beragam kuliner seperti Soto Lamongan, soto babat hingga iga bakar. Seiring dengan peningkatan omzet pada momentum Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 H, transaksi menggunakan QRIS by Mandiri juga meningkat hingga 50%.

"Lumayan ramai kalau periode Lebaran saat ini, omzet sehari bisa mencapai Rp2 juta. Lumayan banyak juga pembeli yang bayar pakai QRIS Mandiri," ujar Yetti salah satu karyawan RM Nirwana saat ditemui pada Jumat (12/4/2024).

Berbagai rumah makan khas daerah, angkringan, hingga warung-warung yang ada di Pujasera Rest Area KM 389 B Tol Batang-Semarang pun juga sudah memiliki opsi pembayaran melalui QRIS by Livin Mandiri.

Nasabah memindai kode batang Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) melalui Livin’ by Mandiri di salah satu rumah makan di Rest Area KM 519A, Sragen, Jawa Tengah.JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti 

Adapun, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menargetkan adanya peningkatan enam juta pengguna aktif melalui super app Livin by Mandiri pada 2024.

Sebagai informasi, Bank Mandiri mencatatkan pengguna mobile banking sebanyak 23 juta pada 2023, tumbuh 45% secara tahunan. Lebih rinci, volume transasi Livin mencapai 2,82 miliar, melesat 45% secara tahunan dari sebelumnya 1,94 miliar transaksi. 

Sementara itu, untuk nilai transaksi Livin mencapai Rp3.271 triliun pada 2023, atau naik 32,32% dari periode tahun sebelumnya yang hanya Rp2.472 triliun pada 2022.

Kinerja layanan digital Livin’ ini ikut berkontribusi pada fee based income Bank Mandiri yang tumbuh 25% secara tahunan dengan raupan pendapatan berbasis komisi senilai Rp2,17 triliun per Desember 2023 dibanding periode yang sama 2022 yang sebesar Rp1,73 triliun.  

“Kami secara spesifik terus meningkatkan fungsi dan manfaat Livin’ dan Kopra by Mandiri sebagai solusi yang juga sudah dapat dinikmati oleh nasabah di luar negeri, artinya tidak ada lagi batasan waktu dan tempat,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi beberapa waktu lalu.

Pada periode yang sama, Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri, telah mengelola Rp19.100 triliun transaksi. Platform digital ini dapat melayani berbagai berbagai segmen nasabah, mulai dari nasabah korporasi hingga nasabah SME.(Rizqi Rajendra)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.