Dulu Tersandera Kredit Macet, Bank Muamalat Sekarang Tancap Gas

Dengan hadirnya pengendali baru, BPKH, Bank Muamalat mendapatkan suntikan modal untuk kembali meningkatkan kinerja hingga berencana IPO.

Febrina Ratna Iskana

17 Mar 2022 - 21.47
A-
A+
Dulu Tersandera Kredit Macet, Bank Muamalat Sekarang Tancap Gas

Bisnis, JAKARTA – PT Bank Syariah Muamalat Indonesia yang resmi beroperasi pada Mei 1992 merupakan cikal bakal dari PT Bank Muamalat Indonesia Tbk saat ini. Nyaris 30 tahun sudah Bank Muamalat menjadi pelopor bank syariah di Indonesia. 

Sebagai perintis perbankan syariah, pasang surut bisnis silih berganti mewarnai perjalanan Bank Muamalat. Salah satu yang menjadi sorotan yaitu kredit macet yang akhirnya menggerogoti permodalan bank tersebut. 

Berdasarkan catatan Bisnis, pembiayaan bermasalah bank syariah itu sudah terendus sejak krisis moneter 1998. Kala itu, non-performing financing (NPF) Bank Muamalat menyentuh 65,61 persen. 

Permasalahan tersebut selesai dalam dua tahun dengan masuknya modal baru dan penyaluran kredit yang agresif. Namun, pembiayaan yang agresif justru menyisakan NPF yang masih cukup besar bagi Bank Muamalat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Febrina Ratna Iskana
company-logo

Lanjutkan Membaca

Dulu Tersandera Kredit Macet, Bank Muamalat Sekarang Tancap Gas

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.