Dunia Virtual Online (AREA) IPO, Begini Analisis dari Panin Sekuritas

Panin Sekuritas menilai IPO AREA memiliki valuasi yang menarik jika dibandingkan dengan perusahaan sejenis, terutama apabila mempertimbangkan prospek bisnis data center yang menjanjikan di Indonesia.

Redaksi

7 Mar 2024 - 20.33
A-
A+
Dunia Virtual Online (AREA) IPO, Begini Analisis dari Panin Sekuritas

Data center PT Dunia Virtual Online Tbk. (AREA). Sumber: www.area31.id

Bisnis, JAKARTA — PT Dunia Virtual Online Tbk. (AREA), perusahaan penyedia data center, melakukan pengumpulan dana melalui penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO).

Analis Panin Sekuritas, Aqil Triyadi dan Nico Laurens, mengungkapkan bahwa bisnis data center akan tumbuh pesat kedepannya, dengan perkiraan nilai mencapai USD3,3 miliar pada 2026 atau tumbuh rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan atau CAGR dalam 5 tahun sebesar 11,4%.

Sementara itu, Asosiasi Data Center Indonesia (IDPRO) memperkirakan total kapasitas energi data center di Indonesia dapat mencapai 1,3 GigaWatt (GW) pada 2030.

Di tengah potensi yang menjanjikan ini, AREA berniat memanfaatkan momentum dengan mengincar dana dari pasar modal melalui langkah IPO.

AREA berencana untuk menggunakan dana IPO untuk membangun data hall 2 dan data hall 3 di AREA31 Cimanggis, seiring dengan kapasitas rak data center Perseroan yang mulai penuh. Dengan langkah ekspansi ini, perseroan berpotensi mengalami pertumbuhan kinerja yang menjanjikan.

Baca Juga:

Prospek IPO Sektor Teknologi 2024

Asa Indeks High Dividend 20 Tersengat Sentimen Dividen Jumbo Awal Tahun

Proyeksi dan Rekomendasi IHSG Maret 2024

Gairah Merger dan Akuisisi Diramal Melonjak Usai Pemilu

Membaca Gairah Pasar IPO di Awal Tahun

“Kami perkirakan EBITDA tumbuh dengan CAGR 32% hingga tahun 2027 seiring bertambahnya kapasitas hall data center baru,” tulis Panin Sekuritas dalam risetnya, Rabu (6/3/2024).

Sementara itu, AREA menawarkan sebanyak-banyaknya 510 juta saham atau 20,08% dari jumlah seluruh modal yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan dengan nilai nominal Rp75 per saham.

Harga penawaran awal dibuka pada kisaran Rp121 hingga Rp131 per saham dengan jumlah nilai penawaran umum perdana saham sebanyak-banyaknya Rp66,81 miliar.

Masa penawaran awal atau bookbuilding telah berlangsung sejak 5 Maret hingga 13 Maret 2024, dilanjut dengan masa penawaran umum pada 25 - 27 Maret, lalu distribusi saham pada 28 Maret, dan pencatatan saham pada 1 April 2024.

Adapun, dana hasil IPO akan digunakan untuk tujuan pengembangan bisnis AREA dengan proporsi  64,17% untuk pengembangan usaha dalam bentuk belanja modal. Perseroan berencana melakukan instalasi infrastruktur penunjang baik peralatan maupun perangkat di Data Hall 2 dan 3 yang masih kosong.

Lalu, sisanya 35,83% akan digunakan untuk kegiatan operasional, di antaranya melakukan perawatan mechanical, electrical, plumbing (MEP) dan untuk perawatan gedung.

Berdasarkan EBITDA, Panin Sekuritas mengungkapkan bahwa rencana fitting out data hall baru di AREA31 Cimanggis akan semakin membuka peluang untuk menumbuhkan pendapatan dan memperkuat sisi EBITDA Perseroan.

“Kami perkirakan di tahun 2023 EBITDA akan mencapai Rp15,4 miliar atau tumbuh 236% YoY, seiring dengan pencapaian Perseroan memaksimalkan utilisasi rak tersewa di AREA31 Cimanggis yang mana utilisasi untuk data hall 1 telah mencapai 45,5% di 9 bulan 2023 dan masih tersedia sekitar 60 rak,” tulisnya.

Berdasarkan kinerja tersebut, Panin Sekuritas menyimpulkan bahwa valuasi perseroan masih relatif atraktif dengan menggunakan asumsi harga IPO Rp131, EV/EBITDA untuk AREA sebesar 18,4x di FY24F, di bawah rata-rata EV/EBITDA emiten sejenis.

Begitu pun untuk price to book value dari AREA cenderung lebih rendah di level 1,4x, dibandingkan peers industri yang mencapai PB 22,6x.

(Reporter: Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.