Duo Subholding Pertamina Kerja Sama Terapkan Transisi Energi

Sinergi dua subholding PT Pertamina (Persero) dijalankan melalui penandatangan perjanjian kerja sama terkait implementasi program efisiensi energi di Kilang Pertamina Internasional. Kesepakatan itu terjalin di sela gelaran COP28 di Dubai.

Redaksi

3 Des 2023 - 21.53
A-
A+
Duo Subholding Pertamina Kerja Sama Terapkan Transisi Energi

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyaksikan penandatanganan kerja sama transisi energi antara Pertamina NRE dan Kilang Pertamina Internasional di Dubai, Jumat (1/12/2023)./ Dok Pertamina

Bisnis, JAKARTA - Pertamina terus berkomitmen melakukan efisiensi energi di berbagai titik operasional perusahaan. Salah satu upaya tersebut dilakukan pada area kilang Pertamina dengan menjalin sinergi yang kuat antarsubholding.

Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menjalin sinergi dalam upaya meningkatkan efisiensi energi. 

Sinergi dijalankan melalui penandatangan perjanjian kerja sama terkait implementasi program efisiensi energi di Kilang Pertamina Internasional. Kesepakatan itu terjalin di sela gelaran COP28 di Dubai, Jumat (1/12/2023).

Penandatanganan dilakukan oleh Chief Executive Officer Pertamina NRE, Dannif Danusaputro dan Direktur Utama KPI Taufik Aditiyawarman. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina beserta subholdingnya untuk aktif dan menjadi penggerak dalam pelaksanaan transisi energi dan mendukung pemerintah mencapai net zero emission di tahun 2060.

Efisiensi energi merupakan usaha yang dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan, dalam menggunakan sebuah peralatan atau bahkan sistem yang berhubungan dengan energi pada kilang-kilang yang ada di Indonesia.  

Nantinya aktifitas ini akan dilaksanakan dalam bentuk modifikasi atau penambahan peralatan pada unit operasi KPI untuk meningkatkan efisiensi energi.

Baca juga:

Pertamina NRE Sampaikan Pengembangan Ekosistem EV di COP28

Pertamina Gaet Fairatmos Kembangkan Proyek Karbon Berbasis Alam

Hadiri COP-28, Pertamina Tegaskan Komitmen NZE 2060

CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro mengatakan bahwa kilang adalah salah satu tulang punggung energi Indonesia, karena kilang adalah tempat memproses  minyak mentah hingga menjadi BBM yang akan dipasarkan nantinya. 

Dengan kerja sama ini diharapkan KPI dan Pertamina NRE berkontribusi secara signifikan dalam mengurangi emisi karbon  melalui peningkatan efisiensi energi dalam operasionalnya.

“Ini tantangan baru yang harus kita jalankan, tidak hanya meningkatkan kapasitas energi terbarukan, tapi Pertamina juga sudah mulai bergerak dalam energi efisiensi, kita optimis mampu mengelola dan bekerjasama dengan KPI untuk mendukung operasional kilang yang berbasis efisiensi energi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Kilang Pertamina Internasional Taufik Aditiyawarman sangat mendukung kerja sama ini. KPI kata dia, sangat menyambut baik rencana efisiensi energi yang sejalan dengan semangat Pertamina dalam mendukung NZE 2060.  

“Semoga kerja sama ini mampu menjadi wadah peningkatan pengetahuan untuk meningkatkan keandalan operasional kilang yang bersifat efisien dalam hal energi. Dan juga menjadi sarana dalam mengimplementasikan proses bisnis yang lebih ramah lingkungan,” tuturnya.

Kolaborasi ini juga sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan aspek environment, social, governance (ESG) dalam praktik bisnisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.