EDITORIAL : Agar Inflasi Tak Bergerak Liar

Upaya pengendalian inflasi tahun ini tak kalah menantang ketimbang tahun lalu. Selain karena kelangkaan pasokan, rupanya eksekusi kebijakan yang tidak mumpuni juga jadi persoalan. Belum lagi faktor musiman yang lazim terjadi, baik secara nasional maupun di level daerah.

Redaksi

1 Feb 2023 - 08.24
A-
A+
EDITORIAL : Agar Inflasi Tak Bergerak Liar

Ilustrasi editorial. Sumber: Canva

Presiden Joko Widodo kembali mewanti-wanti agar para menterinya mewaspadai risiko kenaikan inflasi. Malah secara khusus, dalam rapat terbatas, Senin (30/1), Jokowi meng­ingatkan agar jajarannya menjaga stabilitas harga beras dan minyak goreng.

Amanat tersebut tidak keliru. Belakangan ini harga beras memang bergerak ke atas. Situasi yang membuat masyarakat bertanya-tanya, karena belum lama beras impor tiba.

Kemarin, Selasa (31/1), Presiden memanggil Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, dan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. Presiden memerintahkan mereka untuk mengatasi kenaikan harga beras.

Menurut Budi Waseso, Bulog siap mengedarkan tak kurang dari 315.000 ton beras melalui operasi pasar. Beras premium, cadangan impor, juga akan digunakan untuk operasi pasar. Pekerjaan rumah selanjutnya adalah memastikan penyaluran beras itu tak direcoki permainan harga serta praktik penimbunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

EDITORIAL : Agar Inflasi Tak Bergerak Liar

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.