EDITORIAL : Dilema Upah Pekerja

Gambaran mengenai Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun depan kini sudah jauh lebih terang.

Redaksi

23 Nov 2023 - 07.19
A-
A+
EDITORIAL : Dilema Upah Pekerja

Ilustrasi upah

Bisnis, JAKARTA – Gambaran mengenai Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun depan kini sudah jauh lebih terang. Setidaknya, sebanyak 28 provinsi dari total 38 provinsi, sudah menyetor salinan Surat Keputusan Gubernur mengenai penetapan UMP 2024 ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Hasilnya, sementara ini persentase kenaikan UMP terendah sebesar 1,2%, sedangkan yang tertinggi 7,5%. Jika dihitung nominal, kenaikan upah minimum terendah sebesar Rp35.750, sedangkan tertinggi senilai Rp223.280.

Angka kenaikan UMP di atas jelas masih jauh dari tuntutan pekerja sebesar 15%. Angka tersebut diperoleh dengan mempertimbangkan kebutuhan hidup layak (KHL), inflasi dan pertumbuhan ekonomi, serta status Indonesia sebagai negara berpendapatan menengah atas alias upper middle income country.

Kalangan pekerja mengeklaim usulan tersebut tetap memikirkan keberlanjutan perusahaan dan pekerja. Tak heran jika mereka pun kecewa dengan keputusan kenaikan UMP yang sudah disetor ke Kemenaker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

EDITORIAL : Dilema Upah Pekerja

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.