EDITORIAL : Januari yang Biru

Sepuluh hari sudah Indeks Harga Saham Gabungan berlayar pada 2023 dan sejauh ini IHSG masih melemah 3,89% akibat sejumlah turbulensi yang melanda dunia.

Tim Redaksi

12 Jan 2023 - 07.15
A-
A+
EDITORIAL : Januari yang Biru

Bursa IHSG

Bisnis, JAKARTA – Sepuluh hari sudah Indeks Harga Saham Gabungan berlayar pada 2023 dan sejauh ini IHSG masih melemah 3,89% akibat sejumlah turbulensi yang melanda dunia.

Adapun, Januari sejatinya menjadi bulan bersahabat bagi para investor di bursa saham yang dilanda semangat aksi beli sehingga cenderung menghijau, yang kemudian dikenal dengan istilah efek Januari atau January Effect.

Secara historis, dalam 12 tahun terakhir (2010—2022), pergerakan IHSG pada Januari selalu menghijau, kecuali pada 2011, 2017, dan tentu saja 2020 dan 2021 saat pandemi Covid-19 merangsek. Selanjutnya, pada Januari 2022, IHSG berhasil melesat 0,75%.

Pandemi dan sejumlah isu geopolitik memang sempat mewarnai pergerakan bursa sepanjang 2020 dan 2021 sehingga memicu terjadinya turbulensi. Akibatnya, January Effect yang diharapkan terjadi pupus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.