EDITORIAL: Melindungi Konsumen, Menjaga Investasi

Ada beberapa hal yang dapat menjadi catatan yang perlu menjadi perhatian pemerintah selaku regulator terkait dengan masuknya pemain besar dengan teknologi baru di segmen industri mana pun.

Redaksi

18 Mei 2024 - 08.18
A-
A+
EDITORIAL: Melindungi Konsumen, Menjaga Investasi

Masuknya pemain baru dalam suatu segmen industri—apalagi jika yang masuk adalah pemain besar, bermodal kuat, beroperasi global, dan berteknologi baru yang maju—selalu menyedot perhatian.

Kadangkala hal itu juga menimbulkan tantangan atau bahkan guncangan di segmen industrinya. Agaknya kondisi seperti itulah yang terjadi dengan masuknya Starlink ke pasar layanan internet di Indonesia.

Starlink merupakan layanan internet yang diselenggarakan oleh SpaceX, sebuah perusahaan penerbangan luar angkasa milik pesohor dunia, Elon Musk. Layanan internet perusahaan itu disalurkan ke pengguna melalui ribuan satelit orbit rendah. Layanan itu dikenalkan ke publik global sejak 2018 dan saat ini mulai masuk ke Indonesia.

Indonesia jelas merupakan pasar besar bagi penyelenggaraan jasa internet. Jumlah pengguna internet di Indonesia, menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, mencapai 221 juta orang pada 2024. Ini angka yang besar. Jumlah tersebut meningkat 2,8% dibandingkan pada periode sebelumnya yang sebanyak 215 juta pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.