EDITORIAL : Mengasah Taji OTT Bangkitkan Perfilman

Produsen film Indonesia mulai pasang mata lebar-lebar karena OTT ternyata memberikan ruang bagi pelaku perfilman nasional untuk memproduksi konten dengan genre lebih spesifik.

Redaksi

26 Mar 2022 - 07.07
A-
A+
EDITORIAL : Mengasah Taji OTT Bangkitkan Perfilman

Pengunjung berbincang saat akan menonton film di salah satu bioskop di Jakarta, Rabu (21/10/2020)./Antara

Industri perfilman Indonesia selalu mengalami pasang surut. Suatu ketika, industri ini pernah merasakan masa-masa indah pada era 1980-an, yang bermula dari kebangkitannya pada awal 1970. Namun, sepertinya wajah perfilman kita lebih akrab dengan masa-masa suram, terutama sejak 1990.

Ada sineas yang mengatakan bahwa industri perfilman nasional bahkan mati suri selama lebih dari 20 tahun. Mengapa ini terjadi? Salah satu musababnya bisa jadi karena masalah mismanajemen hingga minimnya kreativitas.

Masalah manajemen bisa juga terkait dengan pengelolaan modal dan terbatasnya sumber daya manusia yang profesional. Keadaan ini pula yang terbukti dapat menurunkan jumlah produksi dan mutu film yang dihasilkan para sineas. Selain itu, masalah-masalah etis serta rendahnya akuntabilitas para pemangku kepentingan di dalamnya sayup-sayup juga masih terdengar.

Padahal, tantangan industri perfilman dari waktu ke waktu kian membesar. Apalagi setelah era kedigdayaan layar lebar bioskop yang lamat-lamat sempat ambruk oleh dahsyatnya hantaman serangan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.