EDITORIAL: Mengukur Konsekuensi dari Keputusan BI

Frekuensi kenaikan bunga acuan yang cukup sering terjadi sejak semester II/2022 dilakukan untuk merespons kebijakan kenaikan suku bunga The Fed yang terlihat agresif pada paruh kedua 2022.

Redaksi

23 Des 2022 - 07.10
A-
A+
EDITORIAL: Mengukur Konsekuensi dari Keputusan BI

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan kata sambutan saat pertemuan Tahunan BI, Rabu (30/11/2022). Dok. BPMI Setpres RI.

Seperti yang telah diprediksi para ekonom, Bank Indonesia akhirnya kembali menaikkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di dalam Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia, kemarin.

Kendati tak seagresif sebelumnya, Bank Indonesia (BI) kali ini hanya menaikkan bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) atau 0,25% menjadi 5,5%. Adapun, suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 4,75%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 6,25%.

Dengan keputusan tersebut, BI sudah mengumumkan kenaikan bunga acuan sepanjang tahun ini sebanyak 5 kali. Kenaikan pertama BI7DRR tahun ini terjadi pada 23 Agustus sebesar 25 bps menjadi 3,75%. Sejak 21 Juli, bunga acuan masih di posisi 3,5%.

Setelah kenaikan pertama, bunga acuan kembali terkatrol 50 bps pada 22 September menjadi 4,25%, yang selanjutnya membumbung lagi 50 bps menjadi 4,75% pada 20 Oktober. Kenaikan bunga acuan 50 bps masih terjadi lagi pada 17 November menjadi 5,25%, sebelum naik lagi 25 bps, kemarin, di posisi terbaru menjadi 5,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

EDITORIAL: Mengukur Konsekuensi dari Keputusan BI

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.