EDITORIAL : Menjaga Modal Kuat Inflasi Rendah

Kabar baik datang dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengumumkan data inflasi Tanah Air masih berada dalam kondisi terkendali.

Tim Redaksi

3 Jan 2023 - 07.57
A-
A+
EDITORIAL : Menjaga Modal Kuat Inflasi Rendah

Kepala BPS RI Margo Yuwono. Dok. BPS RI

Di tengah kekhawatiran dunia atas tren inflasi tinggi yang dapat memicu kenaikan suku bunga secara agresif serta perlambatan ekonomi, kabar baik datang dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengumumkan data inflasi Tanah Air masih berada dalam kondisi terkendali.

BPS pada Senin (2/1) melaporkan inflasi tahunan di Desember 2022 mencapai 5,51% year-on-year (YoY) atau lebih rendah dibandingkan dengan perkiraan Bank Indonesia sebelumnya di angka 6,3%. Laju kenaikan harga yang rendah juga terjadi untuk perhitungan month-to-month (MtM) Desember 2022 sebesar 0,66%, dan tingkat inflasi year-to-date (YtD) di posisi 5,51%.

Berdasarkan komponennya, inflasi administered price atau harga yang diatur pemerintah sepanjang 2022 mencapai 13,34%. Kenaikan tersebut dipicu oleh kenaikan harga bahan bakar minyak, tarif angkutan udara, dan tarif angkutan dalam kota. Untuk inflasi komponen harga bergejolak tercatat 5,61%, sedangkan inflasi komponen inti tahunan atau kenaikan harga yang dipengaruhi oleh faktor fundamental, seperti interaksi permintaan-penawaran, terjaga pada tingkat 3,36%.

Torehan tingkat inflasi Indonesia ini lebih rendah bila dibandingkan dengan negara lain, seperti Amerika Serikat yang mencapai 7,11%, Inggris 9,3%, Jerman 10,05%, atau Turki 84,39% pada November 2022. Tekanan kenaikan harga global tersebut dipicu tingginya harga komoditas akibat gangguan rantai pasokan sebagai imbas dari perang Rusia-Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.