EDITORIAL : Momentum Bank Digital

Keberadaan UU Perlindungan Data Pribadi yang baru saja disahkan oleh parlemen menjadi babak baru dalam transformasi digital perbankan di Tanah Air.

Redaksi

29 Sep 2022 - 10.05
A-
A+
EDITORIAL : Momentum Bank Digital

Ilustrasi era digital. Sumber: Canva

Setelah menanti selama lebih dari dua tahun, RUU Perlindungan Data Pribadi akhirnya disahkan menjadi menjadi UU pada pekan lalu.

Entah ada kaitannya atau tidak, pengesahan UU Perlindungan Data Pribadi ini relatif berbarengan dengan riuh kasus hacker berjuluk Bjorka. Aksinya memang cukup agresif karena membocorkan sejumlah data, dari mulai jutaan data penduduk, surat-surat yang ditujukan ke Presiden Joko Widodo, data KPU, hingga data SIM card.

Memang belum ada yang bisa memastikan seratus persen bahwa jutaan data yang dibocorkan tersebut memang benar. Namun, kelengkapan data yang sempat diumbar di ranah media sosial tetap saja membuat cemas sebagian masyarakat soal keamanan data di Negeri ini.

Informasi kebocoran data ini juga bukan baru terjadi kali ini saja. Pada tahun-tahun sebelumnya, publik di Tanah Air juga sempat dibuat geger soal kebocoran data, di antaranya surat vaksin Jokowi, data BPJS Kesehatan, hingga database Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.