EDITORIAL : Momentum Penggerak Ekonomi

Jika mengacu pada jadwal cuti bersama dari pemerintah, maka hari ini, Rabu (26/4), mestinya para pekerja sudah kembali masuk kerja sebagaimana biasanya.

Redaksi

26 Apr 2023 - 07.15
A-
A+
EDITORIAL : Momentum Penggerak Ekonomi

Rekayasa pemerintah terhadap arus mudik di salah satu pintu tol di Jakarta./Bisnis

Ingar bingar mudik hampir usai. Jika mengacu pada jadwal cuti bersama dari pemerintah, maka hari ini, Rabu (26/4), mestinya para pekerja sudah kembali masuk kerja sebagaimana biasanya.

Kendati demikian, ada pula mereka yang pekan ini masih disibukkan dengan perjalanan arus balik Lebaran. Apalagi, pemerintah mengimbau agar para pemudik kembali ke kota asal mulai 26 April 2023, demi menghindari puncak arus mudik pada 24—25 April 2023.

Imbauan itu rasanya tidak berlebihan, mengingat tahun ini jumlah pemudik ‘membeludak’. Menurut hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, jumlahnya tak kurang dari 123,8 juta orang, atau jauh lebih banyak ketimbang jumlah pemudik tahun lalu yakni 85,5 juta orang. Adapun, sebanyak 75% perjalanan pemudik tahun ini menggunakan moda transportasi darat.

Pada satu sisi, jumlah pemudik yang banyak menjadi tantangan dalam manajemen arus mudik dan arus balik. Namun, di sisi lain kondisi tersebut juga menjadi cerminan bahwa ada potensi ekonomi yang teramat besar dari mobilitas masyarakat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

EDITORIAL : Momentum Penggerak Ekonomi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.