EDITORIAL : Pasar Saham Makin Menantang

Bervariasinya kinerja saham-saham IPO menuntut investor untuk lebih jeli dan lihai memilih saham yang akan masuk dalam portofolio investasinya. Pilihan horizon investasi pun menentukan saham-saham yang akan dipilih.

Redaksi

28 Des 2022 - 10.37
A-
A+
EDITORIAL : Pasar Saham Makin Menantang

Sumber: Canva

Gerak indeks harga saham gabungan (IHSG) di pengujung tahun cenderung tertekan karena minimnya sentimen positif, baik di dalam negeri maupun global. Kehadiran emiten baru, khususnya digital yang meramaikan pasar modal di awal penawarannya juga tak mampu menopang indeks.

Tantangan makin berat pada tahun depan ketika banyak pihak memperkirakan kondisi perekonomian tidak terlalu baik. Pada tahun ini saja, ketika data perekonomian Indonesia cukup positif ditambah dengan laporan keuangan emiten yang mayoritas mencatatkan pertumbuhan kinerja, masih belum cukup menebalkan keyakinan investor untuk berinvestasi di pasar saham.

IHSG selama beberapa pekan ini masih betah ditutup di level di bawah 7.000. Meski demikian, optimisme harus terus ditebar agar kinerja terus membaik dan dapat terjaga hingga tahun depan.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) sepanjang tahun ini terdapat 59 emiten baru. Jumlah tersebut lebih tinggi daripada realisasi sepanjang tahun lalu yang sebanyak 55 perusahaan dan 54 perusahaan pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

EDITORIAL : Pasar Saham Makin Menantang

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.