EDITORIAL : Penguatan Usaha ‘Wong Cilik’

Di tengah besarnya peran UMKM terhadap perekonomian nasional, bidang usaha itu masih dihadapkan pada berbagai persoalan yang belum terselesaikan.

Redaksi

11 Jun 2024 - 08.59
A-
A+
EDITORIAL : Penguatan Usaha ‘Wong Cilik’

Penguatan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus terus dilakukan karena sebagai salah satu sektor andalan. Peran usaha ‘wong cilik’ ini sangat penting bagi perekonomian nasional.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, pada tahun lalu sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61%, atau senilai dengan Rp9.580 triliun.

Bahkan, kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja sebesar 97% dari total tenaga kerja. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 65,5 juta UMKM yang jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha.

Kehadiran UMKM yang jumlahnya mencapai jutaan kerap menjadi penyelamat perekonomian di berbagai krisis. Meski paling terdampak, sektor usaha tersebut relatif lebih cepat pulih dibandingkan dengan bidang usaha lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.